Wali Kota Beberkan Prestasi Pendidikan di Hari Guru Nasional, Tingkat Kesejahteraan Terus Diupayakan

38
Mohammad Idris

Laporan: Rahmat Tarmuji
Di momen Hari Guru Nasional Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PGRI Tingkat Kota Depok, Wali Kota Depok, Mohammad Idris membeberkan capaian penghargaan yang diraih dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Balai Besar Guru Penggerak (BBGP).

Capaian penghargaan ini disampaikan Idris saat menjadi Inspektur Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022 dan HUT ke-77 PGRI Tingkat Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Jumat (25/11/22).

“Pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan beberapa berita gembira untuk para pendidik dan pemerhati pendidikan khususnya di Kota Depok, yang pertama Alhamdulillah berkat kerja sama dan kerja bersama-sama, kita mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud Ristek BBGP kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok sebagai kota terapik dalam menyelenggarakan loka karya program pendidikan guru penggerak,” ujar Idris.

Prestasi yang kedua, lanjutnya, yaitu berhasil disabet oleh Restu Nur Wahyudin, guru SMP Dian Didaktika Kota Depok. Menurut Idris, Restu Nur Wahyudin berhasil meraih predikat guru yang memiliki karya teknologi pembelajaran terinovatif yang menginspirasi.

“Selanjutnya, Penghargaan GTK Inspiratif Tingkat Nasional Tahun 2022, untuk jenjang guru TK ada dua orang, pamong belajar ada satu orang, pengawas ada dua orang, dan guru SD ada satu orang. Kami juga memiliki ASN yang sudah masuk sebagai Finalis ASN Berprestasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, yaitu ibu Eneng Sugiarti, beliau awalnya guru dan sudah berpindah-pindah (tugas), di Dinas Sosial (Dinsos), Bappeda, inovasi yang dimilikinya adalah Di Ekraf,” terang Idris.

Selain itu, ungkap Idris, baru-baru ini Kota Depok berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM Award 2022.

“Pada STBM Award 2022, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kota Depok Elly Farida juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kategori Natural Leader,” ungkap Idris seperti dilansir dari berita.depok.go.id.

Atas beberapa penghargaan ini, dirinya pun menyampaikan rasa hormatnya kepada para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut melalui sebuah karya puisi ciptaannya.

“Guru dihatiku guru dihormat selalu, guruku gurumu guru kita semua, generasi penuh asa berkarya sepanjang usia, itulah guru-guru kita, selamat Hari Guru Nasional dan selamat ulang tahun PGRI ke-77,” tutup Mohammad Idris.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menyejahterakan para guru yang ada di Kota Depok.

Salah satunya dengan mengadakan pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) secara bertahap.

“Kami mengikuti arahan kementerian tentang arahan pengangkatan P3K. Itu menjadi tanggung jawab pemerintah kota, tetapi kami menyesuaikan dengan anggaran,” katanya.

Menurutnya, pengangkatan ini telah dilakukan sejak dua tahun lalu dan terus dilakukan secara bertahap.

“Itu sesuai dengan arah dari pemerintah pusat. Semua mempunyai tanggung jawab yang sama pada bidangnya masing-masing. Khususnya, bagi profesi guru yang mempunyai tanggung jawab mendidik anak bangsa guna mempersiapkan generasi yang akan datang. Atas nama Pemkot Depok, atas nama pribadi dan selaku ketua KORPRI juga mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke-77. Semoga para guru tetap sehat dan terus bisa memberikan pencerahan ilmu untuk anak didik. Para gurulah yang mewarnai bangsa ini melalui didikan untuk para muridnya,” jelasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here