Terjunkan Relawan ke Cianjur, PMI Depok Fokus Evakuasi Korban

55
Salah seorang anggota PMI Depok saat melakukan evakuasi korban

Margonda | jurnaldepok.id
Enam relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok ikut serta dalam percepatan penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi, Senin (21/11/22) siang.

Pasca diterjunkan oleh PMI Kota Depok kemarin, para relawan telah membantu menyelamatkan ratusan korban dan mengevakuasi puluhan jenazah.

Kemarin, relawan PMI Kota Depok fokus melakukan evakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan longsor.

“Senin sore, kami lepas relawan untuk diberangkatkan menuju Kabupaten Cianjur, tempat dimana terjadinya gempa. Fokus penanganan saat ini yaitu dengan melakukan evakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan puing bangunan,” ujar Imron Maulana, Kepala Markas PMI Kota Depok, Selasa (22/11/22).

Dikatakannya, pihak PMI Depok yang lain juga akan berangkat ke lokasi gempa Cianjur untuk membawa 30 kantong jenazah. Mengingat, kantong jenazah yang kemarin dibawa relawan PMI Depok habis untuk mengevakuasi korban jiwa.

“Sudah kami bekali dalam peralatan pertolongan pertama, kemarin saat pelepasan, sebanyak enam kantong jenazah. Namun sudah digunakan semua. Siang ini, kami akan kirim lagi 30 kantong jenazah,” terangnya seperti dilansir dari berita.depok.go.id.

Sementara itu, Staf Posko Bencana PMI Kota Depok, Ary Prasetio yang berada di lokasi kejadian menyebut, tim PMI saat ini baru berhasil memasuki wilayah terdampak di Desa Nagrak Kampung Rawa Cina, Kecamatan Cianjur.

“Karena tadi malam masih terisolir dan pagi ini baru bisa disambangi oleh tim relawan. Kebutuhan yang mendesak yaitu logistik berupa makan, minum, pakaian dan Genset. Karena di titik bencana, listrik belum pulih dan banyak pengungsi yang belum tertangani,” tutupnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here