Hari Pertambangan dan Energi, PLN Raih 5 Penghargaan dari Kementerian ESDM

15
Inilah para peraih penghargaan dari Kementerian ESDM

Margonda | jurnaldepok.id
PT PLN (Persero) meraih 5 Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-77. Penghargaan tertinggi di sektor ESDM ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas inovasi insan PLN yang telah memberikan manfaat besar pada sektor kelistrikan.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif yang menjadi Pembina Upacara Hari Pertambangan dan Energi ke-77 pada Selasa (4/10) mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan, yang telah berjasa dalam pembangunan energi di Indonesia, terutama di sektor energi dan sumber daya mineral.

“Saya harap saudara-saudara dapat berkarya dan meningkatkan kinerja secara cepat, cermat, produktif, sehingga sektor ESDM dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar Arifin, kemarin.

Dengan mengusung tema ‘Energi Bangkit Lebih Kuat’, Arifin mengharapkan sektor ESDM mampu bangkit dalam menghadapi tantangan global dan pandemi COVID-19. Sehingga dapat mengelola, mengendalikan dan memanfaatkan sumber energi secara maksimal.

Arifin berharap kemandirian dan ketahanan energi dapat mendorong pembangunan nasional sebesar-besarnya demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Dan di sektor energi industri, agar diarahkan ke pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri.

“Kita perlu memahami tantangan dan tanggung jawab yang semakin berat, harus tangguh dalam menghadapi tantangan dan kendala, berinovasi, bergerak cepat secara profesional. Implementasi ESDM harus bergerak dinamis dan mengikuti perkembangan dunia yang pesat, hingga penerapan kendaraan listrik menjadi tantangan yang harus diselesaikan,” ucapnya.

Arifin juga mengharapkan terwujudnya pemerataan dan keterjangkauan akses energi, dalam menghadirkan kemandirian energi yang harus menjadi prioritas pemerintah.

Pemerintah juga harus menjaga program-program yang disediakan untuk rakyat, serta membangun infrastruktur energi, seperti transmisi listrik dan gas untuk menjaga ketersediaan energi untuk masyarakat.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan, diraihnya lima Penghargaan Dharma Karya ESDM ini merupakan bukti insan PLN selama ini telah melakukan upaya optimal untuk membawa perubahan sektor energi Indonesia, khususnya bidang ketenagalistrikan ke arah yang lebih baik melalui berbagai inovasi yang telah diciptakan.

“Insan PLN akan terus memacu diri untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang lebih hebat lagi, lebih canggih lagi, sehingga mampu memenuhi tuntutan perkembangan zaman,” imbuhnya.

Penghargaan Dharma Karya ESDM 2022 diberikan ke 29 tim inovator yang telah berjasa pada sektor ESDM. Adapun insan PLN peraih lima penghargaan tersebut yaitu:

1. Anto Saputro, M.Rashif Naufan dan Edwin J.P atas inovasi di bidang pembangkitan listrik, yakni Service Tool Solenoid Operated Gas Admission Valve (STOGAV).

2. Triawan Azhary P.N, Wahyu Adi Prasetiyo dan Nelson Silaen atas inovasi di bidang transmisi yaitu Sistem Informasi Gangguan Secara Realtime Berbasis _Artificial Intelligence_ dengan RTD, agar pelaporan gangguan dapat disampaikan secara cepat dan akurat.

3. Wahyu Handriyanto, Febrika Endika, Roni Nixon F.T. atas inovasi di bidang transmisi dan distribusi, yaitu _Early Warning System Relay’s Trafo_ (EWARS), untuk mendeteksi gejala gangguan pada relay mekanik trafo daya.

4. Alfian Budiarmoko, Robbi Auzikni Anaskur dan Apolonius Adhi H.P, dengan inovasi di bidang pembangkitan _Automatic Vibration Monitor Calibrator (AVATOR) Special Tool Portable_ yang terintegrasi untuk mempercepat dan mempermudah kalibrasi _vibration monitor._

5. Deskiniel, Ricky Nugraha B.D.S dan Steflint Gabreillo Burung dengan inovasi di bidang pembangkitan, yaitu Sorong _Ultimate Program For Electrifying_ – Sehen Untuk Negeri (Super-Sun) PLTS dalam skala mikro/mini. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here