Cing Ikah Ungkap Program Jabar Bergerak Fokus Kepada Lima Bidang

71
Cing Ikah (kanan) didampingi Ketua Jabar Bergerak saat pelantikan

Margonda | jurnaldepok.id
Jabar Bergerak Kota Depok fokus terhadap lima bidang yakni keagamaan, pendidikan, pariwisata kuliner, budaya, sosial, serta bidang kesehatan dan lingkungan.

Ketua Jabar Bergerak Kota Depok, Siti Barkah Hasanah atau Cing Ikah kepada wartawan mengatakan, sejak dilantik oleh Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya, pihaknya bersama pengurus Jabar Bergerak akan melaksanakan lima program yang tercantum di dalamnya.

“Lima bidang tersebut yang nantinya akan dilakukan suatu inovasi atau terobosan, sehingga bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya, kemarin.

Sejarah berdirinya Jabar Bergerak, kata dia, berawal saat adanya pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia termasuk Kota Depok dua tahun lalu.

“Saat itu bagaimana warga memberikan bantuan, namun tidak ada yang mendistribusikannya. Selama ini banyak warga Jawa Barat khususnya warga Kota Depok yang ingin membantu Jawa Barat, tapi tidak ada formatnya,” paparnya.

Adanya Jabar Bergerak diharapkan dapat menjadi destinasi Kepedulian, Kejuangan dan Keikhlasan untuk bersama-sama mengulurkan tangan membantu warga yang membutuhkan.

“Atas dasar itu maka dibentuk relawan Jabar Bergerak. Berkolaborasi mengatasi masalah stunting dengan memberikan paket susu. Jika tidak ada halangan, kami akan menggelar bedah rumah di Kelurahan Pasir Putih dan Cipayung,” katanya.

Dikatakannya, Jabar Bergerak merupakan komunitas yang dibentuk atas dasar kepedulian masyarakat dalam membangun Jawa Barat, termasuk Kota Depok. Program-program yang dijalankan berasal dari warga dan untuk warga.

Dia menambahkan, kelima program tersebut sudah dijalankan seperti bidang keagamaan dengan melaksanakan Gerakan Mengaji. Menciptakan sikap toleransi di Kota Depok, dimana Depok saat ini baik-baik saja toleransinya.

“Dibidang agama akan melakukan road show ke Taman Pembacaan Al Quran di Kota Depok dengan melakukan sedekah quran. Kami juga memberikan ke warga yang non muslim bisa berupa buku cerita atau buku sesuai dengan kepercayaan mereka,” katanya.

Dari sisi sosial seperti pendistribusian Minyak Goreng dengan harga terjangkau, dimana disambut oleh warga.

“Kami berharap apa yang akan dilakukan oleh Jabar Bergerak dapat bermanfaat dalam pembangunan di Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera menuju Jabar Juara Lahir Batin. Terus memberi manfaat sampai denyut jantung tak lagi berdetak,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penanganan akan dilakukan secara mandiri atau tidak menggunakan dana pemerintah, dimana dalam komunitasnya mempunyai sponsorship sehingga saat bergerak tidak akan menggunakan dana dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten ataupun Kota.

Dia mengatakan, Jabar Bergerak adalah organisasi non pemerintah yang ingin selalu menebar kebaikan kepada masyarakat.

Menurutnya, melalui Jabar Bergerak diharapkan mampu berkolaborasi dengan stakeholder untuk menyejahterakan masyarakat. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here