IMB Rumah Ibadah Gratis, Wakil Wali Kota Depok Sebut Kerukunan Umat Beragama Tinggi

99
Wakil Wali Kota Depok saat memberikan sambutan di acara Seminar API Kota Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Wilayah Kota Depok masih berada di Jawa Barat, dimana hingga saat ini penduduknya tetap menjaga kerukunan beragama.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri Seminar API Kota Depok dengan tema Mewujudkan Kebebasan dan Toleransi Beragama di Kota Depok, GBI Kamboja Depok.

Dia menyebutkan, indeks kerukunan umat beragama di Jawa Barat sebesar 72,7 lebih tinggi dari tingkat nasional yaitu 70,23.

“Kami menggunakan indeks kerukunan umat beragama yang diteliti oleh Kementerian Agama sejak 2018-2021. Indonesia mempunyai Indeks Kerukunan Umat Beragama 70,23 ini cukup tinggi,” ujarnya, kemarin.

Dia menambahkan, Jawa Barat mempunyai Indeks kerukunan umat beragama 72,7 lebih tinggi dari Indonesia (tingkat nasional).

“Depok bagian dari Jawa Barat dan Insya Allah juga menjaga kerukunan umat beragama,” paparnya.

Imam juga menyebutkan, Kota Depok merupakan kota toleransi. Hal itu diungkapkan para tokoh agama seperti ustadz, pendeta dan rohaniawan agama.

“Mereka menyatakan Depok aman dan tidak ada yang menghalang-halangi beragama,” katanya.

Imam menambahkan, bentuk mendukung kota toleransi Pemerintah Kota Depok memberikan biaya gratis untuk pembuatan Izin Membangun Bangunan (IMB) rumah ibadah.

“Pemerintah Kota Depok memberikan IMB gratis kepada rumah-rumah ibadah yang ada di Kota Depok. Untuk regulasi pembuatan perizinan IMB rumah ibadah salah satunya berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB),” jelasnya.

Regulasi membangun rumah ibadah lewat FKUB, dimana siapa yang mau membangun rumah ibadahharus seizin FKUB.

“Pemerintah Kota Depok sudah banyak memberikan IMB kami bantu dan gratis. Semua rumah ibadah dibangun di Depok melalui mekanisme FKUB,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here