Pengabdian Masyarakat, Prodi Broadband Multimedia PNJ Pasang CCTV di SMP Islam Nusantara

46
Mahasiswa dan para Dosen PNJ foto bersama usai melakukan Pengabdian Masyarakat

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pembuatan web sekolah dan pemberian alat keamanan pemantauan kegiatan belajar dan mengajar berupa CCTV merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan salah satu program tahunan dari Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta.

Program ini adalah sebagai salah satu kewajiban para dosen dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi selain dalam bidang pengajaran dan penelitian.

“Program ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang timbul pada masyarakat secara komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (suinable) dengan sasaran kelompok masyarakat yang bergerak dalam bidang usaha, sekolah, institusi pemerintah atau swasta atau masyarakat lainnya,” ujar Viving Frendiana, Ketua Pelaksana, kemarin.

Pada tahun ini, kata dia, program pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk membantu menangani masalah yang masih minimnya fasilitas sekolah. Sekolah yang dipilih untuk dijadikan tempat pemberian fasilitas dari Program Studi Broadband Multimedia PNJ sebagai tempat untuk pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat setelah dilakukan survey yaitu di SMP Islam Nusantara, Kota Depok.

“Sekolah ini diberikan alat keamanan pemantauan kegiatan belajar dan mengajar berupa CCTV dan akun web sekolah yang nantinya akan diberikan juga pelatihan dalam penggunaan web sekolah tersebut, dengan harapan web sekolah ini dapat menjadi sumber informasi mengenai sekolah SMP Islam Nusantara dan kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya,” paparnya.

Sehingga, lanjutnya, masyarakat luas dapat mengetahui bagaimana sekolah ini dan menjadi daya tarik masyarakat yang ingin menyekolahkan putra/putrinya di SMP Islam Nusantara, sehingga sekolah ini dapat semakin maju.

“Karena SMP Islam Nusantara ini juga belum mempunyai alat keamanan pemantauan kegiatan belajar dan mengajar berupa CCTV sehingga Prodi Broadband Multimedia memberikan alat ini sekaligus instalasi, dengan harapan SMP Islam Nusantara dapat lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan pemantauan keamanan sekolah,” jelasnya.

Atas dasar itu, kata dia, maka tema yang diambil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini adalah “Rancang Bangun Web Sekolah dan Implementasi Sistem Pemantauan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Nirkabel”.

Dijelaskannya, pada tanggal 23 September 2022 telah dilakukan simbolis kegiatan tersebut dengan penyerahan web sekolah serta alat pemantau CCTV. Penyerahan dilakukan di SMP Islam Nusantarara, Kota Depok oleh Viving Frendiana sebagai ketua pelaksana dari pihak Broadband Multimedia juga Dandun Widhiantoro selaku Kepala Program Studi Broadband Multimedia-Politeknik Negeri Jakarta dengan Lies Sundari selaku kepala sekolah SMP Islam Nusantara.

Lebih lanjut Viving mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah sebagai bentuk kepedulian Prodi Broadband Multimedia PNJ untuk menjadikan SMP Islam Nusantara lebih maju dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.

Sementara itu Lies Sundari, Kepala Sekolah SMP Islam Nusantara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih karena pihak PNJ terutama Program Studi Broadband Multimedia sudah sangat peduli dan memilih lingkungan sekolahnya untuk dijadikan mitra kerjasama.

“Sumbangan-sumbangan yang diberikan pihak Prodi Broadband Multimedia-PNJ ini sangat bermanfaat dan membantu untuk meningkatkan fasilitas yang ada di SMP Islam Nusantara, sehingga memudahkan sekolah kami untuk menjadikannya lebih baik dan melek akan kemajuan IPTEK, karena sekolahan kami sangatlah banyak kekurangannya. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi dan tidak terputus tali silaturahmi antara SMP Islam Nusantara dengan Politeknik Negeri Jakarta,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here