HeadlineLingkungan

Sekda Kota Depok Ajak Masyarakat Yang Tinggal di Perumahan Tak Gunakan Air Tanah

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok bersama PT Tirta Asasta Kota Depok terus berkomitmen mengurangi penggunaan air tanah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, upaya pertama yang dilakukan yakni memaksimalkan penggunaan air PDAM di industri dan perdagangan, serta memaksimalkan pemakaian air PDAM di kawasan perumahan.

“Sekarang baru 16 persen yang bisa dilayani oleh Tirta Asasta, kami berharap ada peningkatan prosentase dan tidak lagi bergantung pada air bawah tanah,” ujarnya.

Dia menambahkan, total pelanggan air minum PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) hanya mencapai 16 persen dari sekitar 2 juta penduduk Kota Depok saat ini.

“Sekira 84 persen warga Kota Depok masih menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” paparnya.

Supian mengatakan saat ini Pemkot Depok telah mengalokasikan dana sebesar kurang lebih Rp 100 Miliar per tahun ke PT Tirta Asasta untuk memperbanyak aliran air perpipaan di Kota Depok.

“Di samping itu, butuh pula dukungan dari kementerian terkait soal penggunaan dana alokasi khusus (DAK) yang perlu disiapkan untuk mendukung pemakaian air PDAM. Karena ini membutuhkan investasi yang besar dan dukungan seluruh pihak, baik pemerintah daerah, provinsi, maupun pusat,” jelasnya.

Dikatakannya, jika hotel, mall, serta kawasan industri sudah benar-benar menggunakan air dari PT Tirta Asasta maka otomatis akan mengurangi penggunaan air tanah di Kota Depok. n Aji Hendro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button