Kecamatan Sawangan Berhasil Sabet 5 Penghargaan di Puncak Acara Hari Anak Nasional

83
Tim Kecamatan Sawangan foto bersama dengan Ketua TP PKK Depok, Hj Elly Farida usai menerima penghargaan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pemerintah Kota Depok menggelar acara puncak Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Kota Tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut diumumkan juga beberapa kecamatan dan kelurahan yang mendapatkan penghargaan lomba ketahanan keluarga.

Camat Sawangan, Anwar Nasihin merasa bersyukur kecamatannya berhasil menyabet lima ketegori penghargaan.

Adapun penghargaan yang diraih diantaranya juara 1 BKB Anggrek Mutiara Pasir Putih; Juara 2 BKL Anggrek Pengasinan; Juara 3 UPPKA MAWAR Pengasinan; Juara 2 Keluarga Tangguh atas nama Ibu Ary Pasir Putih dan Juara 1 Lomba Ayah Hebat atas nama Pak Ramdan.

“Memang kami ikuti semua lomba. Alhamdulillah, atas kemauan dan kegigihan peserta kami berhasil mendapatkan prestasi,” ujar Anwar kepada Jurnal Depok, Selasa (23/08).

Ia berharap, dengan prestasi yang dicapai akan meningkatkan semangat, kompak dan bisa berprestasi lagi di event tingkat kota hingga provinsi.

“Tetap semangat dan jangan berpuas diri. Yang terpenting dapat mengimplementasikan prestasi itu di keluarga dan lingkungan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendorong para ayah agar semakin dekat dengan anak-anaknya di rumah. Menurutnya, kedekatan ayah dengan anaknya memberikan dampak yang besar untuk pencegahan aksi penyimpangan seksual pada anak-anak.

“Saya mengajak para ayah di Kota Depok untuk dekat dengan anaknya, jadi momen ini (HAN dan Harganas) tidak hanya sebuah perayaan tapi harus menggugah para orang tua untuk mengevaluasi diri terkait ketahanan keluarga dan hak anak,” ungkapnya saat menghadiri Peringatan HAN dan Harganas Tahun 2022 di Alun Alun Kota Depok.

Idris mengatakan, dirinya akan membuat surat imbauan bagi seluruh keluarga di Kota Depok untuk menerapkan delapan fungsi keluarga. Hal ini dilakukan untuk menekan kasus penyimpangan pada anak.

“Kami akan buat imbauan melalui Kampung Keluarga Berkualitas (KB) untuk menerapkan delapan fungsi keluarga, minimal 50 persen dari 2 juta penduduk Depok menerapkannya dapat mengurangi kasus penyimpangan anak,” jelasnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Sekretaris DP3AP2KB Kota Depok, Widiyati menjelaskan, peringatan HAN dan Harganas ke-29 Tingkat Kota Depok 2022 mengangkat tema ‘Kita Anak Depok, Kita Sayang Keluarga’.

“Kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka pemenuhan hak anak. Penyelenggaraan event anak ini merupakan komitmen Pemkot Depok dalam pemenuhan hak anak, meski sedang masa pandemi Covid-19 kami tetap melaksanakan secara hybrid,” pungkasnya. n

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here