Khawatir Menimbulkan Masalah Baru, DPRD Soal Pemindahan Tugu Gong Si Bolong

258
Terlihat tugu Gong Si Bolong yang berada di tengah jalan di kawasan Beji

Beji | jurnaldepok.id
Anggota DPRD Depok, Nurhasan mempertanyakan manajemen rekayasa lalu lintas pemindahan Tugu Gong Si Bolong yang berlokasi di Pertigaan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

“Kami rasa perlu adanya kajian rekayasa lalu lintas yang melibatkan beberapa stake holder seperti Dinas Perhubungan dalam pemindahan Tugu Gong Si Bolong,” ujarnya, kemarin.

Dia menambahkan, perlu adanya kajian yang matang salah satunya rekayasa lalu lintas pasca pemindahan tugu.

“Apakah sudah ada kajian yang matang terkait pemindahan Tugu Gong Si Bolong, mau dipindah kemana itu tugunya. Sampai saat ini sejauh mana proses perkembangannya pemindahan Tugu gong Si Bolong belum jelas. Jika memamg dipindahkan ke lokasi lain, jangan malah menimbulkan masalah baru seperti kemacetan,” paparnya.

Dia menambahkan, saat ini saja lalu lintas di lokasi tersebut menjadi kantong kemacetan lalu lintas, dan diharapkan jika tugu itu dipindahkan bisa memecahkan kemacetan lalu lintas.

“Artinya perlu perencanaan yang baik, sehingga nantinya di lokasi yang baru menjadi icon yang estetik dan menambah keindahan lokasi jalan. Kami harap posisi yang baru strategis dan dapat membantu kenyamanan lingkungan,” katanya.

Anggota DPR RI, Nuroji kepada wartawan mengatakan, jika memang benar dilakukan pemindahan Tugu Gong Si Bolong, dipastikan jangan adanya gangguan kelancaran lalu lintas.

“Pemindahan Tugu Gong Si Bolong bisa saja dimundurkan ke arah selatan sekitar 15 meter dari posisi lama,” tandasnya.

Namun, setelah dilakukan pemindahan jangan malah menimbulkan masalah baru seperti menimbulkan kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut.

“Saya sudah minta pendapat dengan beberapa dinas, terkait pemindahan Tugu Gong Si Bolong, saya bilang harus tanya ke Lurah dan LPM karena itu aset daerah bukan aset Sanggar Gong Si Bolong,”katanya.

Lurah Tanah Baru, Dicky Mahyudin belum dapat memastikan kapan Tugu Gong Si Bolong dipindahkan. Menurut dia, wewenang pemindahan tugu itu ada di tangan pihak Tol Cijago Seksi 3.

“Pihak tol bilangnya secepatnya untuk melakukan pembongkaran dulu karena memang sudah mengganggu lalin,” jelas Dicky.

Dicky mengatakan, keberadaan tugu tersebut sudah tidak memungkinkan karena menghambat arus lalu lintas.

Terlebih, jika jalan layang atau overpass Tol Cijago Seksi 3 telah beroperasi. Pihaknya terbuka dengan penataan Tugu Gong Si Bolong baru yang rencananya desainnya dari warga.

“Dirapihkan lagi, jadi tugu yang lama itu dihancurkan, dirobohkan nanti dibangun lagi yang baru. Ukurannya agak besar lebih besar sedikit sekitar 2×2 dan lebih bagus. Itu pun desainnya nanti dari warga dan tokoh, tapi nanti pembangunannya dari pihak tol yang bangun,” katanya.

Terkait pemindahan Tugu Gong Si Bolong pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Depok.

Namun saat wartawan mengkonfirmasi kepada Kepala Dinas Perhubungan, Eko Herwiyanto ia meminta agar ditanyakan ke Bagian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Depok. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here