Meriahkan HUT ke-77 RI, Warga Gelar Panjat Pinang Hingga Susur Sungai Ciliwung

79
Komunitas Sahabat Ciliwung saat menggelar upacara bendera di sungai

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 berbagai cara dirayakan oleh lapisan masyarakat mulai susur sungai hingga mengibarkan bendera merah putih di Sungai Ciliwung.

Selain itu lomba panjat pinang, makan pare, fashion show, detik detik proklamasi di Jalan Raya dimana pengendara bermotor berhenti sejenak saat detik detik proklamasi pada pukul 10:00.

Ketua Sahabat Ciliwung, Hidayat mengatakan, dalam memperingati HUT RI ke-77 pihaknya melakukan susur Ciliwung dengan mengibarkan bendera merah putih.

Pengarungan dimulai dari dermaga bawah kolong Tol Cijago di Jalan Juanda dan berakhir di Bambon Riverside Srengseng Sawah.

“Sambil mengalun kami dan kawan-kawan mengibarkan bendera merah putih di Sungai Ciliwung,” ujarnya, Rabu (17/08).

Dia menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus mengkampanyekan kepada warga untuk tidak membuang sampah ke Sungai Ciliwung.

“Di momen ini mari kita merdekakan sungai dari sampah dan limbah,” katanya.

Di lokasi lain tepatnya di RT 02/07 Kelurahan Kalimulya, Cilodong, dilaksanakan upacara HUT RI yang ke 77.

Kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan rencana, adapun Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Ketua RT 02, Dedy dan dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ibu ibu Posyandu serta siswa dengan jumlahnya kurang lebih 300 orang.

Sementara itu salah satu warga setempat, Kasno berharap di hari Kemerdekaan RI ke 77 ini warga tetap bersatu padu, kokoh mengisi pembangunan wilayahnya.

“Mari kita jaga NKRI tetap kokoh bersatu padu dan jangan mau diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Dikatakannya, dua tahun bencana pandemi bukan sesuatu yang mudah untuk memulihkan perekonomian, baik itu secara mentalitas dan kesehatan.

“Presiden ingin mendorong, memotivasi kita semuanya bahwa kita memang harus segera pulih dari keterpurukan, dari sisi ekonomi dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Intinya itu,” jelasnya.

Di lokasi lainnya warga di Kampung Sawah, Kecamatan Pancoran Mas, menggelar lomba panjat pinang dengan memperebutkan hadiah.

Sementara itu Anggota DPRD Depok, Hamzah sangat menyayangkan adanya warga yang tidak memasang bendera merah putih baik di rumahnya, kios atau ruko miliknya.

“Di hari 17 Agustus ini kami masih menemukan rumah, ruko atau bangunan lain yang tidak memasang bendera merah putih,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here