HUT ke-77 RI Depok Bangkit dari Keterpurukan, Pembangunan Infrastruktur Mulai Digenjot Lagi

56
Wali Kota Depok saat menyerahkan bendera merah putih untuk dikibarkan dalam upacara HUT ke-77 RI

Margonda | jurnaldepok.id
Momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dijadikan cambuk oleh Pemerintah Kota Depok untuk bangkit dari keterpurukan pasca dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, untuk bangkit dari keterpurukan pihaknya telah menyiapkan beberapa program strategis dibidang kesehatan, ekonomi dan infrastruktur.

“Dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, ini menguatkan bangsa dan mendorong kita semuanya memang harus segera pulih dari keterpurukan dari sisi ekonomi dan kesehatan. Dua tahun bencana pandemi bukan sesuatu yang mudah untuk memulihkan ekonomi dan membangkitkan mentalitas negara terutama dibidang kesehatan,” ujar Idris usai menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-77 di Balaikota Depok, Rabu (17/08).

Ia menambahkan, sederet prestasi dalam pembangunan dan penghargaan dari pemerintah pusat akan menjadi motivasi bagi Kota Depok dalam kebersamaan untuk menyelesaikan dampak Covid-19.

Masalah pengangguran, kemiskinan dan infrastruktur akan menjadi bagian perhatian untuk segera diselesaikan.

“Implementasi bangkit dari keterpurukan dibidang infrastruktur, Insya Allah tahun ini sudah selesai DED nya untuk pembangunan Alun Alun Taman Hutan Kota wilayah barat, tahun depan pembangunannya,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, di tahun ini ada juga rehab Jembatan GDC, betonisasi lanjutan Jalan Boulevard GDC, lanjutan penataan pedestrian Margonda segmen 3, penanganan pekerjaan beton dari Simpang Kartini sampai sebelum Ciliwung.

“Ada juga renovasi Puskesmas Bojongsari, pembangunan pusat olahraga dan UMKM di
empat kecamatan, pembangunan dan penataan lingkungan pada Kantor Kecamatan dan beberapa Kantor Kelurahan serta pembangunan dan penataan lingkungan Taman Musik Kota Depok,” paparnya.

Dibidang ekonomi, pihaknya juga telah menyiapkan program 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha.

“Kegiatan sudah mulai berjalan, muda-mudahan bisa menambah dan membangkitkan ekonomi masyarakat. Kami minta 30 persen dari mereka pengusahanya anak-anak muda yang kreatif dan inovatif. Termasuk start up,” terangnya didampingi Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah.

Idris juga merasa bersyukur di tahun ini Depok mendapat sederet penghargaan mulai dari penghargaan Kota Layak Anak (KLA), penghargaan Dafa Award 2022 kategori Partisipasi Anak
dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik, Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Selain itu, penghargaan juga diraih untuk kategori Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok atas nama Frina Shaurin yang mewakili Jawa Barat serta 11 kali secara berturut-turut predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu Ketua DPRD Depok, TM Yusufsyah Putra mengungkapkan, kemerdekaan yang ditorehkan oleh para pejuang patut disyukuri. Ia berharap generasi bangsa dapat menersukan perjuangan para pahlawan.

“Insya Allah di 2045 Indonesia emas, menjadikan negara Indonesia semakin berkembang dan maju,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here