989 Warga Binaan Dapat Remisi HUT RI, 9 Orang Diantaranya Langsung Bebas

62
Wali Kota-Wakil Wali Kota didampingi Karutan saat memberikan remisi bebas kepada warga binaan

Margonda | jurnaldepok.id
Sekitar 989 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Depok memperoleh remisi Kemerdekaan Ke-77, sembilan diantaranya langsung bebas.

Remisi kepada warga binaan Rutan Kelas I Depok diberikan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai menggelar Upacara HUT KE-77 RI, di halaman kantor Balai Kota Depok, Rabu (17/8).

Dari data perolehan remisi tahun 2022 Rutan Kelas I Depok, 989 warga binaan yang mendapatkan remisi di HUT RI ke 77 ini terdiri dari 970 laki laki dan 19 perempuan.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan mengatakan, di hari kemerdekaan Rutan Depok mengusulkan 989 orang dari jumlah 1.277 yang terdiri dari tahanan 77 orang dan narapidana 1.200 orang.

“Alhamdulillah dari 989 orang yang diusulkan, semuanya mendapatkan remisi. Besaran remisi yang diberikan berbeda-beda, mulai dari satu hingga enam bulan. Rinciannya yang satu bulan sebanyak 207 orang, dua bulan 146 orang, tiga bulan 321 orang, empat bulan 214 orang, lima bulan 99 orang dan enam bulan ada dua orang,” paparnya.

Andi mengungkapkan, 989 orang yang terdata perolehan remisi umum tahun 2022 ini terdiri dari RU 1 sebanyak 925 orang dan RU II sebanyak 64 orang. Sembilan orang dinyatakan bebas, 20 orang sedang menjalani asimilasi di rumah dan 35 RU II menjalani subsider.

“Ada sembilan orang yang mendapatkan remisi bebas, tadi kami bawa tiga orang perwakilan yang langsung bebas hari ini, semua kasus ada narkoba dan kriminal umum,”katanya.

Di momen HUT Ke-77 RI dia berpesan kepada seluruh warga binaannya yang belum mendapatkan remisi untuk tidak kecil hati.

“Ya tetap semangat mengikuti pembinaan yang ada, tetap berkelakuan baik, mudah-mudahan bisa bebas pada waktunya dan aktif sebagai masyarakat turut membangun bangsa dan negara,” terangnya.

Di lokasi yang sama, M Rafi, warga binaan yang mendapatkan remisi bebas, mengaku tidak menyangka remisi bebasnya diberikan langsung oleh Wali Kota Depok saat upacara HUT Ke-77 RI.

“Ya enggak nyangka juga,” ungkapnya.

Warga binaan kasus pencurian yang divonis dua tahun penjara ini memberikan semangat kepada teman-temannya yang masih menjalani masa hukuman di Rutan.

“Pesan buat yang masih didalam tetap semangat menjalani hukuman, tetap semangat menjalani ibadahnya dan jangan aneh-aneh lagi. Buat yang di luar, jangan macem-macem, karena di dalam tahanan itu enggak enak banget,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here