Jalankan Program TJSL, PLN UIT-JBB Tanam Ratusan Pohon Penghijauan di Jalur Sutet

48
PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat saat melakukan penghijauan dibawah Sutet

Laporan: Asti Ediawan
Jajaran PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT – JBB) bekerjasama dengan komunitas pegiat lingkungan hidup Krukut Pecinta Alam (Krupala), kemarin melaksanakan penanaman pohon dibawah jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) sebagai realisasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2022.

Senior Manager Perencanaan PLN UIT-JBB, Imam Makhfud megatakan pelaksanaan kegiatan penanaman pohon penghijauan dibawah areal Sutet bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak menanam jenis pohon tinggi dibawah jalur transmisi dikarenakan dapat mengganggu pasokan listrik yang dilalui jaringan sutet.

“Kami berterimakasih kepada mitra kami jajaran Krupala dan semua pihak yang telah memfasilitasi kegiatan penanaman pohon produktif sebagai realisasi TJSL PLN UIT JBB sekaligus dalam kerangka mengedukasi masyarakat agar tidak menanam jenis pohon berukuran tinggi dibawah jaringan transmisi,” ujar Imam kepada Jurnal Depok, kemarin.

Selain itu, ia juga berterimakasih kepada jajaran aparatur pemerintahan dan stakeholder lainnya yang mendukung pelaksanaan kegiatan penanaman pohon penghijauan dibawah jalur transmisi. Ia berharap pemberian ratusan pohon penghijauan produktif selain dapat memberi manfaat bagi masyarakat, juga bisa mencegah aksi penanaman jenis pohon tinggi dibawah jalur transmisi.

Hal itu dikatakannya usai melakukan penanaman pohon secara simbolis di areal Sutet wilayah RW 12, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

Hal senada disampaikan oleh Assisten Manager Komunikasi dan TJSL UIT – JBB, Sumber Arustie Utami.

Dikatakannya, sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui prihal larangan menanam pohon tinggi dibawah jalur transmisi oleh sebab itu dirinya berharap kepada para stakeholder yang hadir agar dapat menyampaikan pesan penting ini kepada masyarakat khususnya warga yang berdomisili disekitar areal jalur transmisi.

Terpisah, Ketua komunitas Krukut Pecinta Alam (Krupala), Nasrullah menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada jajaran PLN UIT – JBB yang telah memberi kepercayaan kepada Krupala dalam menyalurkan program TJSL kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kami sudah puluhan tahun bermitra dengan PLN melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dalam realisasi program Corporate Social Responshibility (CSR) PLN, kami pernah menggelar kerjasama dalam giat sunatan massal, pembuatan WC umum dan pelaksanaan program pemberdayaan pemuda melalui pelatihan Sablon serta sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada program TJSL PL UIT-JBB kali ini, pihaknya telah mengotimalkan bantuan dari PLN dengan menyiapkan 900 pohon produktif, pupuk dan bibit sayur mayur dan semuanya dibagikan kepada warga yang diterima oleh para pengurus lingkungan diwilayah Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.

“Kami telah distribusikan 900 pohon penghijauan diantaranya 100 bibit pohon anggur, 200 pohon Limo, 100 pohon jeruk lemon, dan 500 tanaman obat keluarga (Toga), serta pupuk kandang untuk menyuburkan tanaman, semua sudah kami bagikan kepada masyarakat melalui Ketua RT dan RW se Kelurahan Grogol,” ungkap Nasrullah.

Selain diikuti oleh para pengurus lingkungan, kegiatan penanaman pohon penghijauan di bawah Sutet RW 12 Grogol juga dihadiri oleh Kapolsek Cinere, Kompol Jun Nurhaida Tampubolon, Lurah Grogol, Kecamatan Limo, Danudi Amin, Perwakilan Koramil 07 Limo, Perwakilan Kantor Kecamatan Limo, Jajaran Karang Taruna Kelurahan Grogol, serta sejumlah unsur lainnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here