Berikan Cinderamata ke Gubernur, Muralis Info Depok Bersyukur Adanya Wadah untuk Berekspresi

73
Muralis Info Depok, Ray Andre saat memberikan cinderamata ke Gubernur Jawa Barat

Cimanggis | jurnaldepok.id
Seorang pegiat mural Info Depok, Ray Andree menyampaikan unek-uneknya kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meresmikan revitalisasi Situ Rawa Kalong, Cimanggis.

Ray begitu ia disapa akrab mengungkapkan, sudah saatnya pemerintah memberikan ruang berekspresi bagi komunitas mural maupun seni rupa di Kota Depok agar eksistensinya tetap terjaga.

“Alhamdulillah, kami bersyukur satu lagi kawasan wisata air dapat dimanfaatkan untuk kami berekspresi. Ini merupakan wadah interaksi antar pelaku seni, seperti Kota Bandung dan Jakarta contohnya Terowongan Kendal Dukuh Atas yang sedang viral, tempat nongkrongnya anak-anak SCBD (Sudirman, Citayam, Bojong dan Depok),” ujar Ray saat menyerahkan karikatur kepada Ridwan Kamil.

Tak lupa ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Wali Kota Depok dan Gubernur Jawa Barat atas perhatiannya kepada pecinta seni.

“Terimaksih sudah menerima cinderamata dari kami Info Depok berupa karikatur Kang Emil sedang naik perahu Naga di Situ Rawa Kalong,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat meresmikan Situ Rawa Kalong yang berada di wilayah Cimanggis.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan, Depok banyak situ dengan demikian situ yang ada akan menjadi salah satu spot atau ruang terbuka hijau di Kota Depok.

“Kami sudah desain kawasan Situ Tujuh Muara, lalu Masjid Agung di Margonda,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air meyakini Situ Rawa Kalong mampu menjadi destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

“Fungsi Situ juga sebagai sarana irigasi dan penampungan air. Untuk itu, Pemprov Jabar terus melakukan upaya untuk kelestarian dan kualitas air tanpa limbah,” paparnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Barat juga mempersilakan warga mengekspresikan kreativitasnya dengan memanfaatkan ruang publik selama itu kegiatan positif, termasuk di Situ Rawa Kalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Dicky Achmad Sidik mengatakan, Situ Rawa Kalong memiliki luas lahan mencapai 8,25 hektare.

“Pemprov Jabar melalui program revitalisasi ini sebagai bentuk konservasi sekaligus pengamanan aset, situ-situ yang ada di wilayah sungai Cisadane. Di depok salah satunya, disamping mengembangkan destinasi wisata,” tandasnya.

Ia menambahkan, selain memiliki pesona keindahan alamnya, kawasan Situ Rawa Kalong juga memiliki fungsi yang lebih optimal dalam menjaga kelestarian dan penampungan air untuk penunjang sektor pertanian. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here