Ditanam Lima Bulan Silam, Lurah Limo Panen Perdana Buah Anggur Merah

17
Lurah Limo saat panen perdana buah Anggur

Limo | jurnaldepok.id
Lurah Limo, Kecamatan Limo, AA. Abdul Khoir kemarin melakukan panen perdana buah anggur yang ditanam dihalaman Kantor Kelurahan Limo di Jalan H. Koman Muin RW 04, Kelurahan Limo.

Dikatakan AA, 4 pohon anggur yang ditanam 5 bulan silam didepan Kantor Kelurahan Limo kini sudah berbuah dan bisa dinikmati oleh para pegawai Kelurahan.

“Ya, ini buah perdana yang kami petik karena buah anggurnya sudah matang dan bisa dinikmati, saya berharap nanti semua rumah diwilayah Kelurahan Limo bisa memanfaatkan halaman rumah untuk ditanami pohon anggur karena tekstur tanah di Limo cocok untuk tanaman buah anggur,” ujar AA. Abdul Khoir usai memetik buah anggur dihalaman Kantor Kelurahan Limo, kemarin.

AA menambahkan, diwilayah Kelurahan Limo sudah banyak warga yang menekuni budidaya tanaman buah anggur dengan memanfaatkan halaman atau lahan sekitar rumah.

“Tidak perlu lahan luas yang penting dibagian atas lahan terbuka dan bisa dibuatkan rambatan pohon anggur, hasilnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan buah keluarga, untuk itu kami terus menggiatkan pencanangan menanam buah anggur kepada warga kami,” ujarnya.

Upaya menjadikan Limo sebagai sentra budidaya tanaman anggur didukung penuh oleh Sudadih selaku Camat Limo.

“Saya sudah melihat secara langsung lokasi budidaya tanaman anggur yang dikembangkan oleh warga Kelurahan Limo, dari pemantauan kami sudah cukup banyak warga yang menggeluti budidaya buah anggur bahkan para pembudidaya anggur di Limo kini sudah membentuk komunitas yang diberi nama kelompok tani (Poktan) ‘Pengangguran’, ini tentu dapat dijadikan inspirasi bagi warga lainnya untuk ikut melakukan budidaya tanaman buah anggur dihalaman rumah masing masing,” kata Sudadih.

Dikatakan Sudadih, prosfek pengembangan budidaya tanaman buah anggur diwilayah Limo cukup menjanjikan lantaran tekstur tanah diwilayah ini sangat cocok untuk tanaman buah anggur.

“Dari sudut bisnis usaha sekarang ini sebagian besar para pembudidaya tanaman buah anggur di Limo masih berkutat pada bisnis penjualan bibit tanaman anggur sedangkan buah anggurnya belum dijual dan baru dikonsumsi untuk keluarga, tapi ada juga sebagian petani pembudidaya anggur yang sudah bisa menjual hasil tanaman anggur meskipun baru dalam skala kecil, intinya budidaya tanaman buah anggur di Limo sangat prospektif,” tegas Sudadih.

Untuk meningkatkan minat warga dalam hal budidaya tanaman buah anggur, dirinya meminta kepada para pembudidaya anggur yang sudah berhasil agar tidak pelit berbagi ilmu cara membudidayakan tanaman buah anggur kepada warga karena biar bagaimanapun juga lanjut di budidaya buah anggur membutuhkan teknik perawatan khusus agar tanaman bisa tumbuh subur dan memiliki buah yang banyak,” pungkas Sudadih. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here