Insentif Naik Setiap Tahun, 75% Ketua RT/RW di Kelurahan Sawangan Wajah Lama

342
Prosesi pelantikan Ketua RT dan RW Kelurahan Sawangan

Sawangan | jurnaldepok.id
Pelantikan Ketua RT dan RW Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, tadi malam berjalan khidmat. Mereka berikrar untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab selama lima tahun ke depan.

“Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar. Jumlah RT yang dilantik sebanyak 49 dan RW 11. Dari jumlah itu 75 persen masih wajah lama. Sementara wajah barunya 25 persen,” ujar Ahsan Haliri, Lurah Sawangan kepada jurnaldepok.id, Jumat (05/08) malam.

Ahsan berharap, ketua RT dan RW yang dilantik dapat meningkatkan kembali kinerjanya di lingkungan masing-masing.

“Terlebih dapat mengawal pembangunan fisik maupun non fisik sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Semua jabatan RT dan RW di wilayah kami sudah berakhir sejak Juli kemarin,” paparnya.

Camat Sawangan, Anwar Nasihin yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada ketua RT dan RW yang telah dilantik, seraya berharap pelantikan tidak dianggap sepele karena selain disaksikan masyarakat, pelantikan dan ikrar tersebut juga disaksikan oleh Allah SWT.

“Kami memahami jabatan sosial itu resikonya tinggi. Maka dari itu, Pak Wali Kota Depok, Mohammad Idris terus berupaya meningkatkan insentif bagi ketua RT, RW dan LPM setiap tahunnya. Ini merupakan bentuk perhatian yang serius dari Pak Wali untuk pengabdian mereka,” tandasnya.

Di periode sebelumnya, lanjutnya, kenaikan insentif RT, RW dan LPM hanya berkisar puluhan ribu. Namun, di era Mohammad Idris insentif RT, RW dan LPM naik signifikan di angka Rp 200-300 ribu.

“Mudah-mudahan jabatan para ketua RT dan RW di Kelurahan Sawangan berjalan mulus lima tahun ke depan. Yang terpenting, selalu menjaga keguyuban dan kondusifitas wilayah,” harapnya.

Sementara itu ntokoh masyarakat Sawangan, H Matridi merasa bersyukur proses pemilihan ketua RT dan RW di wilayah Kelurahan Sawangan berjalan kondusif.

“Kalau dilihat di daerah lain ada saja kekisruhan, namun di Sawangan ini berjalan aman dan kondusif, ini tak lepas dari kerjasama seluruh stakeholder di Sawangan. Kalau pun ada, itu merupakan pernak-pernik berdemokrasi,” ungkapnya.

Ia juga berharap, ketika ada permasalahan masyarakat di lingkungan, agar dapat diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.

Ketua RW 01 Kelurahan Sawangan, Naasan usai dilantik mengatakan, bahwa dirinya siap menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat.

“Insya Allah kami sudah siap untuk itu, termasuk mengawal program pemerintah kota yang nantinya digelontorkan di lingkungan kami,” ungkapnya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Ketua LPM Sawangan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna dan PKK. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here