Rencana Mutasi ASN Adem Lagi, Ternyata Ini Alasan Wali Kota Depok

216
Mohammad Idris

Limo | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris angkat bicara terkait agenda mutasi, rotasi dan promosi jabatan yang beberapa minggu lalu sempat memanas akan segera dilaksanakan.

Namun, ketika dikonfirmasi kemarin, dirinya bahkan belum bisa memastikan kapan kebijakan mutasi, rotasi dan promosi terhadap sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilaksanakan.

Pasalnya, kata dia, untuk menetapkan pelaksanaan mutase diperlukan banyak pertimbangan menyangkut berbagai hal guna memastikan kebijakan mutasi dapat memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Pelaksanaan mutasi butuh banyak pertimbangan, karena yang akan dipindah tugaskan itu manusia bukan barang, semua harus bermuara pada efektifitas pelaksanaan program pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat, untuk memindahkan atau menempatkan seorang pejabat yang akan mengemban tugas sesuai jabatannya perlu kehati-hatian dan tidak boleh sembarangan, karena tujuan dilakukan mutasi adalah untuk peningkatan kinerja. Jadi harus pas dan semua mengacu kepada kebutuhan dan bukan kepentingan,” ujar Idris, Senin (01/08).

Terkait sejumlah posisi jabatan yang saat ini masih lowong, Idris mengatakan telah menyerahkan hal tersebut kepada BKPSDM untuk sementara menunjuk pejabat pelaksana tugas (Plt). Hal itu dilakukan agar program pembangunan dan pelayanan masyarakat tidak terhambat.

“Untuk posisi jabatan strategis seperti kepala seksie di kantor kelurahan tentu harus ada kebijakan yang bersifat urgent yakni menetapkan Plt untuk mengcover pelaksanaan tugas sementara sebelum ada pejabat devenitif. Ini dilakukan agar pelaksanaan program pembangunan tetap berjalan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Idris menegaskan, bahwa prihal mutasi tidak hanya terkait soal restu dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), namun banyak hal lain yang menjadi dasar pertimbangan yang semua bermuara kepada kebutuhan dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Intinya semua harus bersabar dulu, nanti kalau sudah waktunya (mutase,red) pasti akan kami lakukan dan umumkan kepada publik,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Lurah Meruyung, Kecamatan Limo, H Yuyun Purwana mengatakan, tidak mempermasalahkan soal kapan mutasi akan dilaksanakan meskipun kata dia di Kantor Kelurahan Meruyung saat ini ada posisi Kasie yang belum terisi.

“Itu kewenangan pemerintah Kkota dalam hal ini BKPSDM. Kami tentunya siap menerima apapun kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Depok,” pungkasnya. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here