IJTI Pokja Wartawan Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA, Ini Pesan Sekda

51
Sekretaris Daerah Pemkot Depok saat memberikian sambutan diacara pelatihan jurnalistik

Cimanggis | jurnaldepok.id
Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Korda Pokja Wartawan Kota Depok bersama PT Karabha Digdaya menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Kecamatan Tapos dan Cimanggis, Senin (01/08).

Pada kegiatan yang berlangsung di Ruang Emeralda 1, Emeralda Golf Club dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri.

Supian mengatakan, kegiatan ini mampu menjadi wadah bagi siswa untuk mendapat dasar-dasar jurnalistik serta memberikan pengetahuan agar terhindar dari berita hoaks. Ia juga berharap jika kegiatan pelatihan jurnalistik menjadi ajang memperluas jaringan.

“Manfaatkan betul kegiatan, bangun komunikasi. Modal ke depan adalah bangun jaringan dan komunikasi penting. Orang pintar banyak peluang tak terbatas. Memilih dengan bangun silaturahmi,” ujarnya, kemarin.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama (Dirut) PT Karabha Digdaya, Arif Wiryawan menyatakan, pada era-serba cepat, setiap orang dapat membuat berita hanya dengan telepon genggam.

“Karena saya yakin semua potensi jadi jurnalis, walaupun kemudian banyak info tak bertanggung jawab karena tak paham,” tandasnya.

Dirinya yakin jika kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa yang datang.

“Saya yakin adik-adik milenial punya daya kreatif dan imanjinasi akan indah dengan pengalaman jurnalistik,” jelas Arif.

Sementara itu, Ketua IJTI Korda Kota Depok, Rizky Tri Ruspanji mengatakan, saat ini berita yang berupa fakta dan hoaks sulit untuk dibedakan.

Dengan pelatihan jurnalistik yang disajikan, diharapkan mampu memberikan pengetahun bagi siswa tentang dunia jurnalistik dan cara membedakan berita yang berupa fakta dengan yang tidak.

“Berita harus terkonfirmasi. Hoaks saat ini juga tidak bisa dibedakan, jadi harus paham,” ucapnya.

Salah satu peserta, Ratih merasa senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalistik.

“Kami senang bisa mengikuti kegiatan ini mendapatkan materi tentang teknik penulisan berita, fotografi dan videografi,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here