Anggap Virus Covid-19 Sudah Biasa, Dampaknya Capaian Vaksin Booster di Depok Baru 31%

31
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi beberapa waktu lalu

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok terus berupaya melakukan percepatan capaian vaksinasi ketiga atau booster Covid-19 kepada masyakat.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, kasus harian Covid-19 di wilayahnya mencapai di atas 200 kasus dalam dua hari terakhir.

“Untuk kasus Covid-19, sekarang dalam dua hari ini di atas 200 kasus, jadi cukup tinggi dengan kasus aktif lebih dari 3.600 kasus,” ujarnya, kemarin.

Namun, kenaikan kasus harian Covid-19 tak membuat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 meningkat.

“Tapi untuk BOR (bed occupancy rate) di rumah sakit masih terkendali, karena mereka tanpa gejala. Jadi karena warga secara imunitas saat ini cukup baik,” paparnya.

Dadang mengaku capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster masih minim sehingga dirinya mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi booster.

Berdasarkan data Dinas Kesahatan (Dinkes) Kota Depok pada, Kamis (28/7/2022), capaian vaksinasi dosis ketiga atau pelengkap baru menyentuh angka 494.063 atau 30,62 persen dari target sasaran 1.613.557 dosis.

“Untuk vaksin booster baru mencapai sekitar 31 persen, jadi masih banyak yang belum booster,” ungkapnya.

Dadang menambahkan, dua kemungkinan yang membuat pencapaian vaksinasi booster masih di bawah target yang telah ditentukan.

“Satu kemungkinannya sudah divaksin di wilayah lain, yang tidak melaporkan ke Dinkes Depok,” katanya.

Selain itu, ia menilai virus Covid-19 telah dianggap biasa oleh masyarakat yang mengakibatkan mereka enggan melakukan vaksinasi.

“Kadang warga sudah terbiasa dengan merasa Covid-19 biasa aja, ada seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu pusat pelayanan vaksin di sejumlah lokasi masih dipadati warga untuk mendapatkan vaksin Booster.

Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Kelurahan Kemirimuka, Friansyah mengatakan, piihaknya terus mengimbau kepada warga untuk melakukan vaksin booster.

“Setiap hari kami infokan lokasi penyelenggaraan vaksin ke warga melaui media sosial atau media lainnya,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here