Kisruh Pemilihan RW 14 Villa Rizki Ilhami, Lurah Pengasinan dan Panitia Angkat Bicara

2494
Asep Suherman

Sawangan | jurnaldepok.id
Lurah Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Asep Suherman angkat bicara terkait kisruh pemilihan ketua RW 14 yang berada di Perumahan Villa Rizki Ilhami Sawangan.

Dimana, sebelumnya Asep dituding warga tidak menjaga komitmen untuk menunda pelantikan RW 14 dan membentuk serta melakukan pemilihan ulang.

“Ini perlu diluruskan, bahwa pernyataan tersebut merupakan kebijakan Ketua LPM Kelurahan Pengasinan untuk meredam terjadinya konflik yang lebih besar, jadi bukan pernyataan saya,” ujar Asep yang diamini Ketua LPM Pengasinan, Mulyadi Gojong, Jumat (29/07).

Dari itu, sambungnya, langkah selanjutnya dirinya sudah berkoordinasi dengan Camat dan Sekretaris Camat Sawangan untuk segera melakukan pendekatan kepada warga.

“Kami juga akan kembali melakukan mediasi kepada warga Villa Rizki agar mereka bersinergi sehingga suasana kembali kondusif,” paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan RW 14 Kelurahan Pengasinan, Ferdy Prasetia mengungkapkan, mekanisme pemilihan ketua RW sudah sesuai dan berlandaskan Perwal Nomor 13 Tahun 2021.

“Bahwa pemilhan RW sudah sesuai Perwal No.13 Tahun 2021. Pemilihan menggunakan cara musyawarah mufakat. Pembentukan panitia pemilihan RW dilakukan secara musyawarah diantara ketua RT, sekertaris, bendahara dan terbentuklah panitia pemilihan ketua RW,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, aturan dan tatib dibuat seperti point no 1 diatas, lalu masing-masing RT diminta untuk menyerahkan metode yang akan dipakai.

“Setelah dipilih metodenya, masing-masing perwakilan RT mengirimkan nama-nama yang dicalonkan sebagai ketua RW,” katanya.

Berdasarkan dari hasil tersebut, lanjutnya, pada tanggal 29 Juni dilakukan pertemuan langsung RT 01, 02, 03, 04 dan RT 05. Pada pertemuan itu, Ketua RT 05 yakni Herman Saputra menyampaikan keberatannya dan panitia pemilihan RW memberikan kesempatan kepada RT 05 untuk mengajukan calon.

“Namun sampai batas waktu yang telah ditetapkan, RT 05 tidak memberikan jawaban terkait calon yang akan diusung. Pada saat terjadi ketidak sepakatan antara ke empat RT dengan RT 05, maka panitia mengambil sikap untuk melanjutkan proses pemilihan RW dan memberikan kebebasan kepada RT 05 untuk mengajukan keberatan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kepanitian dibentuk dan dilaporkan ke kelurahan lalu kelurahan menerbitkan SK Panitia Pemilihan RW 14.
“Atas dasar itu, pada akhirnya seluruh RT 01, 02, 03, 04 dan RT 05 (sekertaris RT menandatangani) hasil musyawarah mufakat dengan Bapak M Ramdhan terpilih sebagai ketua RW 014,” terangnya.

Terkait dugaan adanya intimidasi dan persekusi yang dituangkan ke dalam surat berita acara, pihaknya mengakui bahwa mereka membuat dua buah surat untuk memecah kebuntuan dikarenakan pada saat itu Ketua RT 05 tidak mau menandatangani berita acara.

“Kami sampaikan bahwa itu bukan surat intimidasi apalagi persekusi, dan surat itu kami batalkan. Namun yang kami serahkan ke kelurahan adalah surat berita acara yang hanya menetapkan Pak M Ramadhan sebagai ketua RW terpilih,” tuturnya didampingi tokoh masyarakat setempat, Wahid.

Camat Sawangan, Anwar Nasihin melalui Sekretaris Camat, A Suhyana yang turun langsung menangani kisruh tersebut, meminta semua pihak khususnya warga Villa Rizki untuk bersatu kembali membangun lingkungan.

“Duduk permasalahannya sudah jelas, dalam waktu dekat ini kami akan turun lagi ke warga agar situasi benar-benar kondusif dan mereka bisa bergandengan tangan kembali. Tidak ada intimidasi apalagi persekusi, kami jaminannya,” tegasnya.

Sebelumnya, warga di lingkungan RT 05/14 terpaksa melayangkan surat keberatan kepada Lurah Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Asep Suherman atas berita acara hasil pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 14 Kelurahan Pengasinan tepatnya di Perumahan Villa Rizki Ilhami yang dinilai cacat hukum.

Pasalnya, pemilihan ketua RW di lingkungan tersebut diklaim tidak mengacu pada Peraturan Wali Kota Depok Nomor 13 Tahun 2021.n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here