Masih Ada Kekurangan Fasilitas, Pasar Sawangan Tak jadi Dibuka Agustus

147
Wakil Wali Kota didampingki Kadisdagin saat meninjau Pasar Sawangan

Sawangan | jurnaldepok.id
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memastikan Pasar Sawangan akan dibuka dan dioperasikan pada November mendatang. Jadwal tersebut mengalami perubahan dari semula bulan Agustus.

“Insya Allah November sudah bisa dioperasikan. Saat ini masih ada beberapa kekeurangan seperti saluran air, pagar, dan perbaikan atap agar tidak tampias,” ujar Imam kepada Jurnal Depok saat meninjau langsung Pasar Sawangan, Selasa (26/07).

Meski dinilai bangunan kokoh dan bagus, namun Imam menilai ada beberapa titik bangunan yang harus diperbaiki dan beberapa fasilitas yang harus ditambah seperti akses jalan keliling, pagar dan system drainase.

Selain itu, kata dia, konsep luar ruangan agar nantinya tidak ada pedagang kaki lima juga harus diatur, termasuk arus lalulintas dan mobilisasi warga.

“Jangan sampai seperti Pasar Cisalak, dimana di pintu masuknya ada pedagang kaki lima sehingga warga tak mau masuk ke pasar. Kami berharap RT, RW dan Lurah bisa mengamankan jalan menuju pasar,” paparnya.

Terkait kemanan, Imam juga menyayangkan masih ada ‘tangan jahil’ yang berupaya merusak dan mengambil fasilitas pasar.

“Memang ini terkait serah terima, kalau sudah dioperasikan tapi ada yang rusak kasihan pemborongnya. Memang perlu waktu untuk mengoperasikannya. Tentu, kami berterimaksih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah membangun pasar di Sawangan ini,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Zamrowi menambahkan, untuk menambahkan beberapa fasilitas yang dirasa masih kurang perlu mekanisme melalui anggaran perubahan.

“Kami masih hitung kekurangannya, sekitar ratusan juta. Untuk item pekerjaanya seperti jalan keliling, saluran air dan kisi-kisi (atap). Tahun depan baru dilanjutkan pembangunan pagarnya,” tandasnya.

Lebih lanjut Zamrowi buka-bukan, awalnya bangunan Pasar Sawangan seharga Rp 15 miliar namun alokasi dari provinsi kurang dari Rp 10 miliar.

“Jadi memang banyak yang dikurangi (pekerjaannya), sekarang kami akan lengkapi. Kalau kualitas bangunan bagus,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk menyewa kios, nanti akan dibuka pendaftaran sekitar bulan September-Oktober. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here