Hot News! Khairulloh Bakal Dijadikan Wali Kota, Ini Kata IBH & Pandangan Tokoh Agama

677
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono

Sawangan | jurnaldepok.id
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) angkat bicara terkait pernyataan Ketua Fraksi PKS DPRD Depok, Hafidz Nasir yang akan mengusung Anggota DPRD Depok, Khairulloh Ahyari sebagai Wali Kota Depok di Pilkada 2024 mendatang.

“Sebagai Ketua DPD PKS kami memberikan kesempatan kepada kader yang ingin menjadi wali kota atau wakil wali kota. Namun saat ini kami belum mau bicara itu karena masih banyak kepentingan masyarakat dan permasalah umat yang perlu ditangani seperti banjir dan kemacetan,” ujar Imam kepada jurnaldepok.id, Selasa (26/07).

Namun begitu, Imam yang juga menjabat Wakil Wali Kota Depok mengungkapkan, jelang pemilu 2024 setiap kader berhak mencalonkan diri sebagai wali maupun wakil wali kota.

“Di PKS memang didorong untuk berkompetisi secara sehat agar kader popular dan elektabilitasnya juga bagus,” katanya.

Disinggung harmonisasi antara DPD dan Fraksi PKS, Imam menegaskan bahwa dirinya dengan Hafidz Nasir tidak ada maslah.

“Fraksi kan dibawah DPD, kalau fraksi macam-macam bisa dipecat oleh DPD,” tegasnya.

Sementara itu, tokoh agama Kota Depok KH Syamsul Yakin mengungkapkan bahwa dirinya merindukan sosok pemimpin dari wilayah Barat.

“Karena selama ini wali kota kerap dari Timur, maka munculnya Khairulloh untuk memenuhi harapan itu. Pilihan PKS apabila benar-benar jatuh kepada Khairulloh, maka PKS akan memenuhi ceruk pemilihnya yang kurang, yakni basis massa kultural. Sebab Khairulloh memiliki basis massa yang diharapkan berbeda dengan yang PKS punya. Misalnya jaringan keluarga di Sawangan, Pancoranmas, Limo, Beji, Cinere dan tentu Bojongsari dan Cipayung,” tanggapnya.

Dikatakannya, jika disebut-sebut Khairulloh pantas menggantikan Mohammad Idris yang keulamaan dan berada di MUI, maka Khairulloh memiliki jaringan keulamaan yang sangat kuat mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat Kota Depok.

“Ulama yang mendukung Pak Idris bisa digerakkan untuk mendukungnya. Selama ini pilihan orang Depok adalah memilih orang Depok asli, alias orang Betawi Depok. Saya pikir Khairulloh masuk dalam kualifikasi ini dan itu tidak ada pada yang lain,” terangnya.

Di samping itu, kata dia, Khairulloh juga bakal menjadi alternatif pemilih pemula dari kalangan milenial karena Khairulloh muda dan pintar.

“Saya pikir dia akan menggerakkan mereka, apalagi Khairulloh sekokah dari SD, SMP, SMA di Depok. Termasuk kuliah di UI Depok. Saya pikir ini modal sosial yang tidak dimiliki oleh orang lain. Di samping itu Khairulloh diharapkan bisa membangun komunikasi dengan ormas di Depok, seperti NU dan Muhammadiyah,” ungkapnya.

Namun demikian, sambungnya, dukungan Ketua Fraksi PKS itu akan sangat berarti apabila Khairuloh didukung oleh Mohammad Idris yang notabene sebagai mentor Khairulloh dan sejak 2010 selalu bersama.

“Jadi kita menunggu respons beliau (Pak Idris),” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here