Tega! Masih Ada Tali Pusarnya, Bayi Baru Lahir Dibuang di Teras Rumah Warga

121
Inilah foto bayi yang dibuang di teras rumah warga

Beji | jurnaldepok.id
Seorang bayi laki-laki yang baru lahir ditemukan dalam keadaan tanpa pakaian dan dibuang di emperan rumah warga Gang Kelinci, RT 07/05, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Yani Aryani, seorang warga yang pertama kali menemukan bayi tersebut mengatakan, penemuan bayi yang masih ada tali pusarnya terjadi sekitar pukul 02:00 dinihari.

“Sekitar pukul 02.00 WIB, kami mendengar suara ketukan pintu rumah, setelah dibukakan tidak ada orang malah yang ada bayi tanpa sehelai pakaian yang diletakan di depan pintu,” ujarnya, kemarin.

Setelah menemukan bayi tersebut, dirinya langsung membawa masuk bayi kedalam rumah dan dibedong menggunakan kain untuk menghangkatkan tubuh bayi.

“Untuk menghindar fitnah, saat itu juga langsung lapor ke Ketua RT, Yasman dilanjutkan lapor ke Polsek Beji, setelah itu segera dibawa ke Bidan Ketut Jalan Palem untuk diselamatkan, takut ada apa-apa dengan bayi,”katanya.

Dia menambahkan, Gang Kelinci setiap harinya ramai dan ada beberapa warga yang juga tidur sampai subuh.

“Jadi tidak tahu siapa pelaku yang dengan tega membuang adik bayi ganteng,” tuturnya.

Terpisah Agus, kakak ipar Yani menambahkan, pada waktu bayi ditemukan tidak ada meninggalkan surat wasiat dari pelaku.

“Tidak meninggalkan apapun di sekitar bayi. Kan biasa dari pemberitaan di media jika ada temuan bayi di warga ada yang suka memberikan surat wasiat,”tambahnya.

Sementara itu Bidan I Ketut Sutiri yang merawat bayi mengatakan, banyak warga yang ingin mengadobsi anak yang ditemukan.

“Dalam waktu sehari ini sudah ada sebanyak 12 orang datang ke saya, ada juga yang telepon, menanyakan untuk bisa mengadopsi bayi tersebut,” katanya.

Bidan Ketut menceritakan awal kronologis hingga bayi laki-laki ditaruh di tempatnya untuk diberikan perawatan sementara yaitu pada pukul 03.30 WIB datang anggota Polsek Beji bersama saksi yang menemukan bayi untuk menyerahkan bayi.

“Pada waktu diserahkan ke kami kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki masih utuh tali pusar dengan ari-arinya. Segera saat itu juga bayi kami bersihkan dimandikan dan dilap setelah tali pusar kami potong dan menguburkan ari-ari bayi,” tuturnya.

Selain itu untuk kesehatan bayi, lanjutnya, diperiksa kesehatan bayi berjenis kelamin laki-laki memiliki panjang 45 Cm dan berat 2,7 Kg.

“Bayinya gesit dan bulat tidak ada cacat bisa dikatakan ganteng. Untuk kondisi bayi keseluruhan sehat dan sementara untuk biaya perawatan termasuk susu kami kasihkan ditambah ada bantuan dari Kapolsek Beji Bapak Cahyo untuk biaya perawatan bayi,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk menjaga kesehatan bayi, langkah awal standar penanganan bayi yang baru lahir langsung dikasih vitamin, dan vaksin Hepatitis B. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here