Untuk Pertama Kalinya, Pemkot Depok Sabet Penghargaan Nirwasita Tantra

38
Wakil Wali Kota Depok foto bersama dengan Kadis LHK

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berhasil meraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021. Dalam raihan tersebut, terdapat tiga isu strategis yang menjadi fokus Pemkot Depok yaitu terkait persampahan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kemacetan.

“Kami fokus terhadap tiga isu prioritas dalam pembangunan yang melibatkan berbagai pemangku kebijakan atau kepentingan, berdasarkan peran atau kewenangan masing-masing. Ketiganya yaitu terkait persampahan, RTH dan kemacetan,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Rabu (20/07).

Pernyataan itu dikatakan Imam usai menerima penghargaan Nirwasita Tantra di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Terkait persampahan, kata IBH, pihaknya mencoba mendorong dan mewujudkan pengelolaan sampah melalui perbaikan manajemen pengelolaan sampah, di tempat pemrosesan akhir sampah atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Untuk RTH, kami coba melakukan pembangunan taman RW serta taman kelurahan untuk memenuhi kebutuhan RTH. Pastinya, keberadaan alun-alun juga menjadi salah satu kriteria penilaian,” paparnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Untuk menangani masalah kemacetan, lanjutnya, pihaknya membuat kebijakan tentang manajemen lalu lintas guna mengurangi kemacetan dan titik kemacetan. Serta pembebasan lahan dari beberapa titik kemacetan. Kemudian Pemkot juga membuka jalan baru/ jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan di satu ruas jalan.

“Saya berharap, tahun depan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Depok bisa lebih baik lagi, bisa mengikutsertakan semua pihak dalam melaksanakan kelestarian dan menjaga lingkungan hidup. Baik dari sisi masyarakat di komunitas, media massa, pebisnis dan akademisi. Termasuk di dalamnya legislatif, DPRD Kota Depok. Karena penghargaan ini juga diberikan pada legislatif yang peduli terhadap masalah lingkungan hidup,” tutupnya. n Rahmat Tarmuji|*

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here