Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat, Dinkes Gandeng Kwarcab Pramuka Kota Depok

17
Wali Kota Depok foto bersama dengan Kepala OPD di acara Germas

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar sosialisasi program Gerakan Serentak (Gertak) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Depok Sehat, Indonesia Kuat (Kode Hatiku) dan Perilaku Hidup Sehat (PHBS).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang membuka acara tersebut mengatakan, gerakan itu dapat diimplementasikan oleh masyarakat luas, termasuk anggota Saka Bakti Husada melalui perannya sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan.

“Kami ingin Saka Bakti Husada ini dapat menjadi salah satu aktor penggerak pembangunan kesehatan dalam membudayakan Germas untuk pencapaian masyarakat yang sehat, bugar, dan produktif,” ujar Idris, kemarin.

Dikatakannya, Saka Bakti Husada dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui enam krida. Yaitu, krida bina keluarga, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, dan krida bina perilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian, sambungnya, kebiasaan pada Germas tersebut dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Juga selanjutnya dapat mengembangkan kewirausahaan.

Dalam hal ini ia menjelaskan tiga kegiatan Germas yang dapat dilakukan. Seperti, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari serta mengonsumsi buah dan sayur.

“Juga dengan memeriksakan kesehatan secara rutin untuk mengetahui tingkat kesehatannya,” paparnya.

Sosialisasi tersebut diadakan di Aula Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok dan dilakukan secara daring.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, sosialisasi dilakukan sebagai upaya dalam memberdayakan kelompok masyarakat menjadi promotor dalam implementasi Germas dan PHBS secara lebih jauh lagi. Salah satunya melalui pemberdayaan satuan karya pramuka.

“Sasaran kami melalui Saka Bakti Husada dapat turut serta mengupayakan program Gertak Germas Kode Hatiku untuk disampaikan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, pembangunan kesehatan masyarakat dapat terus meningkat,” katanya.

Lebih lanjut, kata Zakiah, pihaknya ingin Saka Bakti Husada juga dapat mengajak seluruh anggotanya untuk dapat berperilaku hidup sehat. Agar nantinya dapat menjadi pelopor kesehatan mulai dari diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat.

“Semoga kolaborasi Dinkes dan Saka Bakti Husada Kota Depok dapat terus terjalin dalam membudayakan Germas dan PHBS. Harapannya dapat mewujudkan masyarakat Depok yang sehat, bugar dan produktif dalam mendukung kinerja mewujudkan Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera,” pungkasnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Depok, Nina Suzana menyatakan, pihaknya siap menjalankan program Gerakan Serentak (Gertak) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Depok Sehat, Indonesia Kuat (Kode Hatiku) dan Perilaku Hidup Sehat (PHBS).

Kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan melalui Saka Bakti Husada yang memiliki peran besar sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan.

“Sebagai mitra pemerintah, kami akan melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat melalui peran Saka Bakti Husada,” tutur Kak Nina, sapaannya, seperti dilansir berita.depok.go.id.

Lebih lanjut Kak Nina mengatakan, pihaknya kerap dilibatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Puskesmas setempat dalam berbagai kegiatan. Baik sosialisasi, kegiatan bencana, maupun sosialisasi lainnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here