Program 5.000 WUB & 1.000 Perempuan Pengusaha Diminati, Hari Pertama Dibuka Diserbu Warga

72
Camat Bojongsari saat memantau pendaftaran wirausaha baru

Bojongsari | jurnaldepok.id
Program 5.000 Wirausaha Baru (WUB) dan 1.000 Perempuan Pengusaha yang baru saja dilaunching diminati oleh masyarakat. Hal itu tergambar dari membludaknya warga yang mendaftarkan diri menjadi pengusaha.

“Kami bersyukur atas antusias masyarakat yang mengikuti program 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha. Program ini disambut baik oleh mereka,” ujar Mursalim, Camat Bojongsari kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, sebelum dibukanya pendaftaran, pihaknya telah menerima masukan dan sosialisasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok yang kemudian dilanjutkan ke tingkat kelurahan hingga bermuara kepada pelaku usaha di wilayahnya.

“Melalui Ekbang kecamatan dan kelurahan, kami melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftar menjadi 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha, terutama bagi mereka yang tidak memahami pendaftaran secara online,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, target untuk 5.000 wirausaha baru dan 1.000 pengusaha perempuan di wilayahnya lebih dari 500 orang.

Sementara itu Aris Hermawan, Pendamping Kecamatan Bojongsari mengatakan, kegiatan WUB dibuka mulai awal hingga akhir Juli.

“Kriteria utama adalah mereka yang memiliki usaha dan mau mengembangkan usahanya, mereka yang belum memiliki usaha tapi belum memiliki usaha termasuk anak-anak muda yang ingin punya usaha silahkan mendaftar,” tandasnya.

Saat dibuka pendaftaran hari pertama, sambungnya, antusias masyarakat cukup besar yang mencapai puluhan orang.

“Kami akan bantu dampingi warga yang kesulitan untuk mendaftar hingga akhir Juli. Kami buka Senin-Jumat hingga 31 Juli,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya juga melakukan verifikasi ulang terkait berkas pendaftaran, jika syarat sudah lengkap maka langsung didaftarkan via online.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat mengungkapkan, pihaknya akan mendampingi pelaku usaha yang mengikuti program 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha.

“Langkah tersebut kami lakukan guna memastikan usaha yang dijalani dalam keadaan baik,” jelas Dede.
Ia menambahkan, yang membedakan program ini dari yang lainnya ialah para pelaku usaha akan mendapatkan pendampingan. Pihaknya telah merekrut pendamping di tiap kelurahan, kecamatan dan tingkat kota.

“Totalnya berjumlah 80 lebih pendamping yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok,” paparnya.

Diprogram ini, sambungnya, setelah dilatih mereka akan didampingi oleh temen-temen pendamping yang ada di masing-masing kelurahan dan kecamatan. Selain itu, juga ada pendamping di tingkat kota. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here