Fenomena Citayam Fashion Week, Wakil Wali Kota Depok Bakal Sulap Trotoar Margonda Mirip Sudirman

160
Terlihat sebuah alat berat saat melakukan pekerjaan penataan trotoar Jalan Raya Margonda beberapa waktu lalu

Margonda | jurnaldepok.id
Trotoar di Jalan Margonda rencananya akan diperlebar empat meter dan akan menyerupai trotoar di Jalan Sudirman, Jakarta. Hal itu diduga tak lepas dari fenomena Citayam Fashion Week yang belakangan mencuat dan dilakoni remaja di Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok (SCBD).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, trotoar di jalan utama di Depok seperti Jalan Margonda, tidak sebaik di kawasan Sudirman.

Karenanya, Imam ingin memperlebar trotoar di kawasan Margonda dari semula tiga meter menjadi empat meter.

“Mungkin untuk jalan, jalan Depok mudah-mudahan bisa seperti Sudirman, minimal mendekati Sudirman,” ujarnya, kemarin.

Bukan hanya memperlebar trotoar, keberadaan trotoar tersebut nantinya diharapkan mengubah kebiasaan warganya menjadi lebih banyak berjalan kaki.

“Di Margonda kami akan membangun trotoar empat meter, semoga itu bisa untuk lalu lalang teman-teman. Jadi kota sehat supaya orang jalan kaki, jangan naik motor atau mobil, jalan kaki saja,” katanya.

Selain gaya hidup sehat berjalan kaki, di pinggiran trotoar akan menjadi ladang bagi UMKM berjualan.

“Maka, titik stopnya bagi kendaraan hanya dua titik sebenarnya, di depan UI sama di Juanda dan nanti di Pemda Depok, sisanya nanti jalan kaki,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai melakukan penataan trotoar di Jalan Margonda Raya.

“Ya benar, kami tengah melakukan penataan trotoar dan inlet saluran di Jalan Margonda Raya. Saat ini, kami kerjakan segmen I,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty.

Citra menjelaskan, segmen I dikerjakan di dua sisi sekaligus. Sisi timur dikerjakan dimulai dari batas Jalan Margonda Raya dan Jalan Siliwangi sampai Jalan Dahlia.

Dikatakannya, penataan trotoar segmen I yang telah selesai dikerjakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tahun lalu di sepanjang Jalan Margonda Raya, juga ramah bagi disabilitas.

Pasalnya, trotoar yang dibangun ini tingginya hanya 14 cm dari permukaan jalan sehingga memudahkan bagi mereka yang menggunakan kursi roda. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here