Keren! ASN Pemkot Depok Kumpulkan Rp 32 Juta untuk Korban Bencana

44
Wakil Wali Kota Depok turun langsung menggalang dana untuk korban bencana

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok menggalang bantuan dana kemanusiaan untuk korban bencana banjir dan longsor yang terjadi di beberapa kecamatan di Kota Depok.

Penggalangan dana kemanusiaan dilakukan pada saat apel pagi. Dimana Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Depok turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Aksi sosial yang digerakkan oleh Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ini, berhasil menghimpun dana sebesar Rp 32.223.350.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, penggalangan dana dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada warga terdampak bencana. Aksi tersebut akan terus dilakukan hingga ke seluruh Perangkat Daerah.

“Akhir-akhir ini sedang banyak terjadi bencana di Kota Depok, ada yang terdampak banjir dan longsor. Untuk itu, kami menggalang dana ini guna membantu mereka yang terdampak bencana,” ujarnya usai menjadi pembina apel pagi, Senin (18/07).

Dana yang terkumpul tersebut, kata dia, langsung diserahkan kepada Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Dudi Mi’raz.

“Nantinya dana ini akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” paparnya.

Imam mengatakan, curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, mengakibatkan sebagian wilayah di Kota Depok dilanda banjir dan longsor. Adapun banjir terjadi di Kelurahan Pondok Petir dan Duren Mekar, sedangkan tanah longsor di Kecamatan Cinere.

“Bencana ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu tanggul jebol dan sistem drainase yang buruk. Kami mengapresiasi kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelematan serta Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok yang luar biasa melakukan evakuasi kepada warga terdampak bencana tersebut,” ungkapnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Kepala PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz menjelaskan, pihaknya akan menyalurkan bantuan dana tersebut kepada warga terdampak. Sementara sebagian dari dana itu dimasukkan ke dalam buffer stock atau kas cadangan PMI Kota Depok, guna mengantisipasi bila keadaan darurat membutuhkan bantuan.

Dudi menambahkan, pihaknya bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Dinas Damkar dan Penyelamatan bergotong-royong membantu korban terdampak bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah. Pihaknya juga telah menyerahkan sejumlah bantuan.

“Kami sudah memberikan bantuan berupa makanan siap saji, terpal, asbes, hebel dan lain sebagainya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here