Gawat! Lagi Macul Bulakan, Petani Temukan Granat Aktif Jenis Nanas

269
Petugas gabungan saat mendatangi lokasi ditemukannya granat aktif

Tajurhalang | jurnaldepok.id
Asmawi Acap, seorang petani menemukan granat aktif diduga peninggalan masa kemerdekaan saat sedang menggali di Desa Sukmajaya, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

“Saat pertama kali menemukan tidak tahu kalau saksi ini benda yang ditemukan itu adalah granat nanas aktif,” ujar Kapolsek Tajurjalang, Iptu Tamar.

Tamar menyebutkan, oleh saksi saat ditemukan granat aktif tersebut sempat dipacul-pacul untuk dibersihkan tanah kerasnya yang masih menempel di badan granat tersebut.

“Untung tidak terkena pemantik pelatuk pada granat itu saat saksi Asmawi membersihkan dengan cangkulnya, ia berhasil mendapatkan dalam tanah di kedalaman 15cm di sebuah kebun kosong garapan yang rencana akan ditanami pohon pisang sama saksi.

Selain itu, Asmawi langsung melaporkan ke anggota Bhabibkamtibmas dan Babinsa langsung ditindak lanjuti dengan menghubungi Tim Gegana Korps Brimob Kelapa Dua Depok.

“Sekitar pukul 17.00 WIB sore harinya Gegana dari Brimob Kelapa Dua Depok langsung meledakan granat nanas di area perkebunan dengan radius steril warga sejauh 100 meter,” tuturnya.

Ia menduga, kemungkinan granat nanas dari sisa-sisa pejuang kemerdekaan yang dahulu dibuang ke dalam rawa. Dimana di lokasi berdekatan dengan Situ Nanggerang terjadi pendangkalan lalu didapatkan oleh petani yang sedang menggali.

Terkait temuan granat, lanjut Tamar, saksi-saksi yang sudah dimintai keterangan ada dua orang pasangan suami istri.

“Bagi masyarakat yang mengetahui informasi dan menemukan benda-benda mencurigakan agar dapat segera menghubungi anggota terdekat untuk dapat segera ditindak lanjuti,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here