Anggota DPRD Minta MPLS Diisi Dengan Kegiatan Edukatif, Hindari Aksi Perpeloncoan

65
Rezky M Noor

Beji | jurnaldepok.id
Pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) harus berdasar edukasi dan inovatif serta tidak ada lagi namanya perploncoan.

Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Rezky M Noor mengatakan itu saat membagikan alat perlengkapan sekolah untuk siswa SD di Kecamatan Beji.

Dia mengatakan, di awal tahun ajaran baru yang dimulai pada 18 Juli 2022 biasanya diawali dengan kegiatan MPLS bagi siswa baru.

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

“Kami imbau pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka,” ujarnya.

Dia menambahkan, ketentuan penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah di tiap satuan pendidikan diatur secara khusus dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Kegiatan MPLS meliputi pengenalan program serta sarana dan prasarana sekolah, pembinaan awal mengenai kultur sekolah, penanaman konsep pengenalan diri, serta pengenalan tata cara belajar di lingkungan baru.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar sehingga para siswa baru cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Pada masa MPLS ini seluruh aktivitas yang ada haruslah bersifat edukatif dan menyenangkan,” paparnya.

Dengan demikian, lanjutnya, peserta didik baru mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, tempat mereka bermain, belajar, meningkatkan prestasi, dan menumbuhkembangkan karakternya.

Situasi Pandemi Covid-19 membuat model dan strategi pelaksanaan MPLS berubah menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Meskipun demikian, hakikat dan nilai-nilai pelaksanaan MPLS tidak berubah.

“Kegiatan MPLS harus tetap menjadi laboratorium awal siswa baru mengenali lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rezky memberikan bantuan perlengakapan sekolah seperti buku, pulpen dan lainnya kepada pulunan siswa sekolah.

Sementara itu salah satu sekolah di Kota Depok sudah mengirimkan surat pemberitahuan kegiatan MPLS kepada orang tua siswa. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here