Puluhan Ketua RT & RW Kelurahan Sawangan Baru Dilantik, Diminta Bangun Sinergi

32
Ketua RT & RW foto bersama dengan camat, akapolsek dan lurah usai dilantik

Laporan: Aji Hendro
Lurah Sawangan Baru, Rahwana, melantik Ketua RT dan RW se Kelurahan Sawangan Baru di Aula Rumah Makan Tirta Rasa, Jalan Raya Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

“Ada sebanyak 49 Rukun Tetangga (RT) dan 10 Rukun Warga (RW) se Kelurahan Sawangan Baru. Sesuai Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 13 Tahun 2021 dengan masa periode lima tahun dan hanya sampai dua periode jika selanjutnya terpilih,”katanya.

Masa periode kepengurusan baru lingkungan RT dan RW, lanjut Rahwana, mulai 2022 sampai tahun 2027.

“Kepada pengurus baru diharapkan dapat bersinergi dengan kelurahan dan unsur pemerintahan dengan keberadaan RT dan RW sebagai garda terdepan di masyarakat untuk dapat bermanfaat dan menolong warga jika perlu bantuan,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Bojongsari, Kompol Yogi Maulana menambahkan, peran pengurus RT dan RW di lingkungan sangat penting.

Selain sebagai garda terdepan dalam perolehan informasi, setiap ada kejadian gangguan kamtibmas agar dapat bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Gerakan kembali siskamling dengan menjadikan polisi masyarakat (Polmas) bagian dalam keamanan Pamswakarsa,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, segala informasi apapun dari warga sangat membantu sebagai bentuk sinergitas dan keakuratan informasi sebagai bentuk pencegahan dini.

“Bagaimana juga keamanan sangat dibutuhkan dan menciptakan suatu kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif. Polisi tidak dapat bekerja sendiri butuh peran semua stakholder termasuk masyarakat yang peduli terhadap kamtibmas di lingkungan agar tetap aman dan kondusif,” katanya.

Salah satu Ketua RT terpilih RT03/03, Maris mengatakan, dalam pemilihan ketua RT tahun 2022 ini banyak wajah baru.

“Sudah beberapa periode terpilih menjadi Ketua RT. Tahun ini terpilih lagi jadi Ketua RT kembali dari pemilihan warga. Insyallah amanah ini akan tetap dijaga antara lain dapat menjadikan warga di lingkungan sejahtera,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here