Pandemi Mereda, Rutan Depok Berlakukan Besuk Tatap Muka Bagi Keluarga Binaan

30
Suasana besuk tatap muka di Rutan Depok

Cilodong | jurnaldepok.id
Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas I Depok, akhirnya mengizinkan besuk tatap muka bagi keluarga binaan. Kebijakan itu disambut gembira para napi, mengingat mereka sudah dua tahun tak bertemu langsung dengan keluarga karena terbentur aturan pandemi.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan mengatakan, uji coba layanan besuk tatap muka secara langsung, antara warga binaan dan keluarga mulai diberlakukan.

“Kami bagi beberapa sesi. Jadi sehari itu yang diizinkan menerima jam besuk ada sekitar 240 orang warga binaan,” ujarnya, kemarin.

Andi menjelaskan, dalam satu hari, jam besuk terbagi atas empat sesi. Dibuka mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 12:00 WB.

“Satu sesi kami berikan waktu 20 menit. Kami juga sudah siapkan ruangannya, namun tetap harus menggunakan masker,” paparnya.

Karena masih dalam tahap uji coba, maka kuota pengunjung yang datang pun akan dibatasi.

“Mereka (warga binaan), untuk sementara hanya boleh dijenguk oleh keluarga inti, maksimal terdiri dari lima orang. Besuk tatap muka ini dibuka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu. Sedangkan Jumat dan Minggu off,” katanya.

Sementara itu salah satu warga binaan, MY merasa senang diberlakukannya jenguk tatap muka di Rutan.

“Iya dua tahun nggak ketemu, Alhamdulillah senang banget,” ungkapnya.

Selain bisa bertatap muka dengan keluarga, MY juga merasa senang karena bisa mencicipi lagi makanan favoritnya yakni cireng dan rendang.

“Dibawain nasi sama makanan kesukaan saya, yang jenguk orang tua,”katanya.

Tak lupa, ia pun mendapat nasihat dari sang ibu yang membesuknya.

“Ibu bilang jaga kesehatan, baik-baik disini,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here