Jamaah Haji Asal Depok Kesulitan Air Bersih, Berharap Ada Perhatian Pemerintah

103
Salah satu jamaah haji asal Kota Depok saat menunjukan kesulitan air bersih

Margonda | jurnaldepok.id
Jamaah haji asal Kota Depok merasa kesulitan pasokan air bersih di tempat mereka menginap. Hal itu diungkapkan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umroh Kota Depok, Idrus Al Gadri melalui sambungan telepon seluler kepada wartawan.

Ia mengatakan, sejumlah jamaah haji asal Kota Depok mengeluhkan pasokan air yang sangat minim di tempatnya menginap sejak empat hari terakhir. Mereka berharap, hal ini menjadi perhatian serius pemerintah mengingat air adalah kebutuhan yang sangat mendasar.

Menurut dia, jika ini tak segera diatasi, maka bakal menimbulkan masalah serius bagi para jamaah haji, khususnya yang terdampak saat ini adalah di lokasi penginapan jamaah haji Kota Depok.

“Jamaah haji kloter 41 dari Depok, khususnya di hotel 510 hampir tiap hari air untuk mandi, untuk nyuci itu sering kosong, ini kan jadi kendala,” ujarnya, kemarin.

Idrus berharap, masalah ini bisa segera diatasi mengingat besok adalah waktunya para jamaah menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Jamaah khawatir, besok kan itu ke Arafah persiapan wukuf, nah sebelumnya kan harus pakai kain ihram, itu kan ada sunahnya, gimana mau mandi, wudhu aja enggak bisa, karena kan airnya kosong tiap hari,” katanya.

Menurut Idrus, pihaknya telah beberapa kali melayangkan protes pada pemilik hotel maupun petugas Indonesia yang ada di tempat tersebut, namun sayangnya sampai sekarang belum ditanggapi secara serius.

“Beberapa kali mereka tegur pihak hotel maupun petugas Indonesia yang ada di sini, jawabannya kaya pejabat, entar disikapi, entar disikapi. Nah ini sudah empat hari begini, untuk mandi, untuk nyuci, untuk bersih-bersihlah susah,” paparnya.

Akibatnya, kata dia, banyak dari jamaah yang terpaksa menggunakan air mineral kemasan untuk bersih-bersih.

“Cuma kan mesti dibedain, mana air minum, mana air mandi. Untuk makan dan minum Alhamdulillah cukup, enggak ada kendala, yang jadi kendala ini air buat mandi dan cuci, enggak bisa. Kami sudah berapa kali protes, pihak hotel dan petugas di sektor 5 jawabnnya entar-entar, tapi sampai sekarang enggak ada solusi,” jelasnya.

Idrus dan sejumlah jamaah asal Depok lainnya berharap, persoalan ini bisa segera diatasi.

“Ya kami berharap semoga bisa di dengarlah keluhan ini, biar jadi perhatian. Kendala kami saat ini air saja,” ungkapnya.

Untuk kondisi sejumlah jamaah asal Depok, sambungnya, saat ini dalam keadaan sehat meski cuaca di Mekah sekarang cukup panas pada siang hari.

“Alhamdulillah jamaah semua sehat. Cuaca disini panas 42-43 derajat kalau siang. Intinya jamaah sehat smua. Kendala hanya di air bersih,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here