Dirancang Oleh Desainer Lokal, Batik Depok Siap Go Internasional

82
Gelaran Depok Fashion Festival yang berhasil menyedot perhatian masyarakat

Laporan: Aji Hendro
Pemerintah Kota Depok, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Dekranasda mengelar Depok Fashion Festival (DeFF) 2022 di Hotel Bumi Wiyata. Acara tersebut menampilkan busana Batik Depok yang didesain oleh para desainer asal Kota Depok.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mendukung kegiatan Depok Fashion Festival karena mampu mendorong perekonomian.

“UMKM dan fashion mampu menyumbangkan dukungan mempertahanan perekonomian. Depok Fashion Festival ini menjadi titik awal peluang masyarakat di dunia fashion karena memiliki potensi besar dan banyak orang yang terlibat. Kami punya harapan besar acara ini menjadi titik awal dari luang dan peluang,” ujarnya, kemarin.

Fashion ini, kata dia, banyak pihak yang terlibat kalau kbisa konsen kepada upaya kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Kami berharap kedepan lebih bagus lagi (acaranya) meriah lagi, melibatkan banyak pihak dan menjadi harapan titik hal yang mempunyai kemajuan fashion di Depok,”katanya.

Untuk itu, sambungnya, Pemerintah Kota Depok akan mengadakan setiap tahun sekali dan mengundang para desainer.

“Kami berharap kreatif (fashion) ini keluar dari orang Depok. Tentunya bagi orang yang memiliki kreatif. Fashion memiliki nilai ekonomi besar dan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup atau lifestyle masyarakat. Fashion diharapkan bisa angkat Depok. Terutama batik asli Depok, ” paparnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Zamrowi mengatakan, kegiatan ini merupakan terobosan untuk lebih mengenalkan para desainer terbaik yang dimiliki Kota Depok dengan beragam hasil karya yang membanggakan.

“Acara DeFF memperkenalkan buasana sopan dan santun. Selain itu sebagai wadah pegiat perancang asal Depok dibidang busana,” tandasnya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Hj Elly Farida mengatakan, Depok Fashion Festival (DeFF) merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperkenalkan batik khas Depok ke tingkat nasional hingga internasional.

Pasalnya, pada ajang tersebut ditampilkan hasil pakaian dari sejumlah desainer yang menggunakan batik Kota Depok.

“Para desainer berbagi kreativitas dengan batik Depok untuk mengangkat salah satu icon Kota Depok ini,” tuturnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Lebih lanjut, Bunda Elly, sapaan akrabnya, menuturkan, DeFF setiap tahunnya rutin diselenggarakan oleh Kota Depok.

“Gelaran ini sebagai langkah agar para desainer baru mampu menggali potensi mereka dengan menggunakan batik Depok,” terangnya.

Dia berharap ke depannya lebih banyak lagi desainer baru yang terlibat dalam meningkatkan produk fashion di Kota Depok.

“Tentu tidak lepas dari peran Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok. Semoga dengan bimbingan dari Disperdagin, baik melalui pelatihan atau DeFF bisa melahirkan produk fashion dengan batik Depok. Semuanya itu agar batik Depok dapat dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here