Mau Sewa Kios? Siap-siap Pasar Sawangan Dibuka Agustus

442
Tampak muka Pasar Sawangan yang baru saja diresmikan

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Kota Depok, Zamrowi mengungkapkan, Pasar Sawangan yang telah rampung dibangun akan dioperasikan pada Agustus mendatang.

“Insya Allah Agustus atau September sudah bisa dioperasikan, itu paling cepat. Karena sampai saat ini masih belum dibayar pekerjaannya dikarenakan menunggu pergeseran anggaran,” ujar Zamrowi kepada Jurnal Depok, Kamis (30/06).

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi.

“Hingga saat ini masih dalam pengawasan Disdagin karena UPT belum terbentuk. UPT masih menunggu SK Wali Kota, semakin cepat, semakin bisa dilaksanakan. Kami juga sedang menyiapkan strukturnya,” paparnya.

Terkait bagaimana cara masyarakat menyewa kios, Zamrowi juga sedang mempersiapkan hal tersebut.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Sawangan Baru, Yopi Safrudin meminta dinas terkait untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada stake holder di wilayah Sawangan Baru sebelum mengoperasikan pasar.

“Jujur kami sendiri belum tahu mau dibuka kapan, tapi kalau sudah ada pernyataan akan dibuka Agustus, sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu,” tanggapnya.

Pasalnya, kata dia, banyak hal yang harus dibicarakan dan disampaikan kepada masyarakat terutama teknis untuk menyewa kios.

“Informasi sebelumnya pihak kelurahan dan LPM yang menangani teknis penyewaan kios, tapi sampai saat ini belum ada informasi lanjutan. Sebaiknya dinas bicara dulu dengan kami di kelurahan agar ketika ada masyarakat yang bertanya, kami bisa menjelaskan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga dan merawat Pasar Sawangan yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Idris mengatakan, kehadiran pasar yang diberi nama Pasar Rakyat Jabar Juara ini diharapkan bisa merepresentasikan salah satu Visi Kota Depok yakni Berbudaya.

Untuk itu, Idris juga mengajak masyarakat merealisasikan visi tersebut di Pasar Rakyat Jabar Juara yaitu dengan cara menerapkan sikap budaya bersih, rapih, tertib dan menjaga sopan santun.

“Pasar Sawangan tidak hanya untuk kegiatan ekonomi tapi juga bisa untuk kegiatan-kegiatan budaya masyarakat di sini,” jelasnya.

Idris menyebut, Pasar Rakyat Jabar Juara ini juga akan didorong untuk menjadi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI), mengikuti tiga pasar sebelumnya yang sudah ditetapkan menjadi Pasar SNI yaitu Pasar Cisalak, Sukatani dan Pasar Tugu.

“Kalau sudah SNI, nanti secara sistemik akan terkendali dibawah Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok,” katanya.

Idris pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas bantuan pembangunan Pasar Sawangan.

“Dengan kehadiran pasar ini, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga. Pasar Sawangan merupakan pasar pertama di bagian barat Kota Depok dan diharapkan akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here