Khutbah Jumat: Tujuh Kegunaan Sedekah

39
KH Syamsul Yakin

Oleh: KH Syamsul Yakin
Wakil Ketua Umum MUI Kota Depok

Dalam al-Mawaidz al-Ushfuriyah diungkapkan tentang tujuh kegunaan sedekah lengkap dengan hadits yang memperkuatnya, kendati hadits tersebut belum ditakhrij.

Pertama, sedekah dapat membebaskan belenggu. Maksudnya belenggu kesulitan, seperti musibah. Nabi bersabda, “Sungguh sedekah dapat menolak tujuh puluh macam musibah”. Musibah dapat menimpa siapa saja, baik orang yang berbuat dosa maupun orang bertakwa.

Namun musibah terjadi karena manusia itu sendiri, Allah ingatkan, “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allâh memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS. al-Syura/62: 30).

Kedua, sedekah berguna layaknya dokter. Maksudnya berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan sedekah. Nabi mempertegas, “Obatilah sakit kalian dengan sedekah”.

Ketiga, sedekah berguna untuk menjaga orang yang mengerjakannya. Dalam konteks ini harta yang disedekahi kedudukannya seperti ilmu, keduanya menjaga pemiliknya. Nabi bersabda, “Bentengilah harta kalian dengan sedekah”. Tentu banyak alasan masuk akal soal hadits Nabi ini.

Keempat, kegunaan sedekah dapat memadamkan murka Allah. Sebab harta adalah pemberian Allah yang diberikan kepada manusia untuk didistribusikan lagi kepada orang lain yang membutuhkan. Apabila sedekah tidak dikeluarkan, sama halnya memutus pemberian Allah. Nabi menegaskan, “Sedekah dapat memadamkan murka Allah”.

Kelima, sedekah berguna untuk membuat akrab di antara sesama saudara. Karena sejatinya sedekah itu tak ubahnya hadiah yang membuat senang siapapun yang menerimanya. Nabi sarankan, “Sedekah itu adalah hadiah, oleh karena itu saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai”.

Keenam, sedekah dapat memperlembut hati. Artinya mudah tersentuh demi melihat mereka yang lapar, sakit, lemah atau dilemahkan. Nabi mewanti-wanti, “Siapa saja yang keras hatinya, maka hendaklah dia menebarkan sedekah”.

Ketujuh, sedekah berguna untuk menambah umur. Nabi bersabda, “Sedekah dapat menolah musibah dan menambah usia”. Semoga kita dengan ringan dapat bersedekah sehingga kita memperoleh tujuh kegunaan sedekah seperti yang telah dipaparkan di atas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here