Belum Dapat Kerja? Segera Unduh Aplikasi BKOL Milik Disnaker Depok

253
Kepala Disnaker Kota Depok saat memberikan sambutan di acara Job Fair

Margonda | jurnaldepok.id
Siswa SMK dan SMU yang baru lulus sekolah jika ingin bekerja bisa memanfaatkan Aplikasi Bursa Kerja Online (BKOL) dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, M Thamrin saat menghadiri Job Fair di SMK Citra Negara di kawasan Beji.

“Dinasker mencatat sekitar ribuan orang pencari kerja (Pencaker) sudah mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Aplikasi berbasis android ini menyajikan pengumuman rekrutment perusahaan yang bisa dilihat langsung oleh pencaker,” ujarnya, kemarin.

Tercatat, saat ini ada ratusan perusahaan yang tergabung dan aktif di dalam BKOL, angka tersebut akan terus bertambah.

“Mereka mendaftarkan surat lamarannya melalui aplikasi BKOL dan perusahaan yang melakukan rekruitmen sendiri,”katanya.

Lebih lanjut Thamrin menyebut, di dalam BKOL para pencaker juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai pelatihan kerja. Hal itu dimaksudkan agar mereka dapat mengasah kemampuan yang dimiliki, baik sebagai pekerja maupun wirausaha.

Thamrin juga berpesan kepada para pencari kerja agar membuat CV atau surat lamaran sebaik dan semenarik mungkin.

“Kami imbau kepada adik-adik yang ingin melamar pekerjaan agar membuat CV dengan sebaik mungkin sehingga bisa menarik HRD dari perusahaan yang dituju,” jelasnya.

Thamrin meminta kepada perusahaan-perusahaan di Kota Depok tidak pelit dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan.

“Kami imbau kepada perusahaan di Kota Depok untuk memperioritaskan tenaga kerja lokal Depok dalam penempatan kerja,”katanya.

Pihaknya mengapreasiasi gelaran Job Fair SMK CItra Negara sebagai upaya membantu para pencari kerja. Diharapkan dengan adanya Job Fair ini dapat membantu para pencari kerja dan dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Depok, baik dengan bekerja di suatu perusahaan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Ketua BPH SMK Citra Negara, M. Rizki Dharma Guna Hasan menambahkan, kegiatan Job Fair ini sebagai upaya membantu para siswa yang lulus sekolah untuk melanjutkan kariernya.

“Kami sediakan sekitar puluhan perusahaan dan perguruan tinggi dalam kegiatan ini. Insya Allah Job Fair akan dilaksanakan kembali, jika pada pagelaran tahun ini kurang baik maka akan diperbaiki, jika sudah baik akan kami pertahankan,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here