Roadshow ke 11 Kecamatan, DKUM Diapresiasi Pelaku UMKM Depok

69
Kepala DKUM Kota Depok saat memberikan sambutan di acara sinkronisasi dan koordinasi pelaku UMKM

Laporan: Rahmat Tarmuji
Roadshow yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Depok dalam rangka mensosialisasikan program 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha, disambut baik pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Sawangan.

Ketua UKM Sawangan Maju Bersama (Sasuma) Kecamatan Sawangan, Mustopa Dwi Putra mengatakan, dengan adanya sosialisasi tersebut apa yang menjadi program DKUM tersampaikan kepada masyarakat.

“Kami menangkap positif kegiatan dari DKUM yang bersifat jemput bola, ini bagus untuk mendekatkan DKUM dengan pelaku usaha. Kami juga adakan pembekalan untuk pelaku UMKM dengan berbagai tema seperti kemitraan dan pendaftaran unit usaha baru,” ujar Mustopa kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, untuk di Sawangan jumlah pelaku UMKM mencapai ribuan dikarenakan tersebar di tujuh kelurahan.

“Pelaku UMKM ini hanya membutuhkan 3M sebetulnya yakni marketing, manajemen dan modal. Ketika ada seperti wira usaha baru ini menjadi solusi yang tepat bagi pelaku UMKM,” paparnya yang juga owner Telaga Kuliner.

Hal senada diungkapkan Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok, Rudi Murodi. Rudi mengatakan, apa yang dilakukan DKUM merupakan trobosan baru yang harus disinergikan dengan camat dan lurah di wilayah masing-masing.

“Program semacam ini banyak juga diusulkan di musrenbang terutama terkait program 1.000 perempuan pengusaha dan 5.000 wirausaha baru dikarenakan nantinya palaksanaan di masing-masing kelurahan, jadi harus ada sinergi. Jangan sampai program ini tidak tepat sasaran,” tandasnya.

Dikatakannya, roadshow yang dilakukan oleh DKUM harus menjadi program lurah dan camat untuk menyampaikan ke masyarakat.

Sementara itu Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengatakan, selama ini pihaknya selalu melibatkan pelaku UMKM di setiap pagelaran atau event.

“Kami juga telah melakukan pelatihan-pelatihan kepada mereka seperti pelatihan kemasan, olahan, perbengkelan hingga menjahit. Ada tujuh kelurahan di wilayah kami semuanya sudah memiliki UMKM,” jelasnya.

Tak hanya itu, Anwar juga mendorong para pelaku UMKM di wilayahnya untuk melakukan lebelisasi halal di setiap produk yang diproduksi. Pasalnya, produk UMKM di wilayahnya lebih didominasi oleh produk kuliner.

Sebelumnya, Kepala DKUM Pemkot Depok, Dede Hidayat mengatakan, pihaknya menjemput bola ke 11 kecamatan untuk koordinasi dan sinkronisasi dengan camat, lurah, asosiasi dan pelaku UMKM, agar program 5.000 wirausaha dan 1.000 perempuan pengusaha yang nanti dilaunching tersampaikan kepada masyarakat.

Dede berharap para lurah dan camat di wilayah masing-masing dapat menyampaikan program tersebut kepada masyarakat. Selain itu, nantinya para pelaku UMKM dapat menggelar rapat terkait program tersebut.

Kedepan, pihaknya juga akan melibatkan Komisi B DPRD Kota Depok dan komunitas lain untuk bisa membantu program itu.

“Jangan sampai ada kesan program ini tidak tersampaikan ke masyarakat. Makanya sengaja kami roadshow, biasanya kan pelaku UMKM kami undang ke dinas, tapi kali ini kami jemput bola ke 11 kecamatan,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here