Rumah Warga di Sukmajaya Tiba-tiba Ambruk, Ternyata Ini Penyebabnya

646
Petugas saat mendatangi rumah warga yang ambruk di Sukmajaya

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Sebuah rumah di RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, tiba-tiba ambruk. Komandan tim (Dantim) Satpol PP Kecamatan Sukmajaya, Saefudin mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, di Jalan Dadap Dalam RT 07 RW 01.

“Ada laporan warga, langsung meluncur kejadian jam 09.30 WIB tadi. Tim saya mengidentifikasi apakah ada korban tidak,” ujarnya, kemarin.

Saefudin mengatakan, ada tiga anggota keluarga di dalam rumah tersebut. Ketiganya melarikan diri ke kamar mandi.

“Ada tiga orang, anak, bapak dan ibu. Ibunya sakit. Pak Cepi lagi di dapur kebetulan. Begitu dengar suara gemuruh, mereka berlindung lari ke kamar mandi,” katanya.

Ia mengatakan, plafon rumah tersebut ambruk di ruang tengah dan ruang tamu dan kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta.

“(Penyebab) karena sudah usia, sudah lama. Sudah dimakan rayap sama binatang-binatang karena sudah lapuk. Saya hitung (kerugian) sekitar Rp 30 jutaan lah. Kalau yang ambruk plafon, lemari, mungkin televisi, perabotan belum kehitung juga sih,” paparnya.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Petugas meminta pemilik rumah untuk selamatkan diri karena dikhawatirkan terjadi ambruk susulan.

“Untuk korban tidak ada, korban jiwa enggak ada cuma material. Tadi ada persiapan penyegelan warung, jadi belum dipindahkan semua. Utama menyelamatkan keluarga,” jelasnya.

Sementara itu di lokasi lain pagar di SD Limo 3 tiba-tiba roboh, kejadian tersebut tidak ada korban.

Sebelumnya, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah menyalurkan bantuan logisitik kepada warga RT 04 RW 16 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos.

Bantuan tersebut diberikan bagi warga yang rumahnya ambruk karena lapuk dimakan usia pada, Jumat (03/06).

“Saat kejadian petugas Tagana sudah bersiaga membantu di lokasi. Kami juga melakukan pemahaman masalah atau assessment terkait bantuan apa saja yang diberikan. Kemarin (06/06) kami menyalurkan bantuan seperti makanan siap saji, biskuit, air mineral, minyak goreng dan selimut,” kata Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam dan Sosial, Dinsos Depok, Sutadi. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here