Depok Siap Gabung ke DKI Jakarta, Ini Langkah Yang Sudah Ditempuh

1291
Wali-Wakil Wali Kota Depok saat tampil di gelaran Lebaran Depok

Bojongsari | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku siap jika Depok nantinya harus bergabung dengan DKI Jakarta.

“Kami akan tunggu, ini menyangkut kebijakan pimpinan negara sangat terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara dan terkait juga dengan pembicaraan bagaimana Jakarta ke depan,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Hal tersebut, sambungnya, sudah dibahas dan dibicarakan oleh pimpinan negara dan sebagai kepala daerah dirinya akan menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan negara.

“Sumbangan-sumbangan pemikiran sudah kami sampaikan, kami akan ikut kebijakan pimpinan. Jika diminta gabung ke DKI ya kami akan gabung, jika diminta tetap di Jawa Barat ya tetap. Bisa juga bikin provinsi sendiri Bogor Raya atau Provinsi Depok Raya. Itu akan dibicarakan setelah 2024,” paparnya.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. Ia mengatakan, jika bicara karakteristik dan budaya Depok lebih dekat ke Jakarta.

“Jika nanti kebijakan nasional Depok bergabung ke Jakarta atau provinsi sendiri, itu lebih baik. Secara prinsip kami siap dengan syarat dan ketentuan berlaku,” tandasnya.

Dikatakannya, dalam membentuk provinsi baru atau bergabung dengan provinsi yang lain harus melalui DPR RI.

“Harus diputuskan oleh undang-undang, bukan sebuah perda, pergub atau perwal, tidak bisa. Tapi harus diputuskan melalui undang-undang, DPR DRI lah nanti yang memutuskan baik tidaknya sebuah daerah gabung ke provinsi lain,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here