Bergeliat Lagi, Pelaku UMKM Depok Bangkit Pasca Pandemi

62
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Pemkot Depok saat meninjau stand UMKM di Lebaran Depok

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dede Hidayat mengungkapkan, momen Lebaran Depok 2022 di Bojongsari kemarin menjadi momentum yang tepat untuk UMKM Kota Depok bangkit pasca pandemi COVID-19.

Dede melihat, pelaku UMKM seolah merindukan suasana kebebasan berjualan setelah dua tahun vakum dikarenakan pandemic.

“Ditambah pelonggaran kebijakan dari pemerintah terkait protokol kesehatan, diharapkan semakin mendorong UMKM untuk berkembang secara kreatif, inovatif dan berkelanjutan,” ujar Dede kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan dalam mewujudkan keberpihakan kepada pelaku UMKM, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok akan terus memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku UMKM.

“Kedepan, kami juga akan melauncing prorgam janji wali kota dan wakil wali kota Depok terkait perekrutan 5.000 Pengusaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha. Sekarang masih dalam persiapan dan sudah dilakukan seleksi tim pendamping untuk 63 kelurahan dan 11 kecamatan,” paparnya.

Untuk itu, Dede menegaskan pentingnya pendampingan dan pengembangan usaha yang harus terus dilakukan dalam upaya kebangkitan UMKM, guna menumbuhkan jiwa entrepreneurship yang memiliki mentalitas adaptif dan inovatif terhadap segala perubahan yang terjadi.

“Pemerintah saat ini menargetkan bisa mewujudkan 5.000 wirausaha baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha untuk kemajuan UMKM di Kota Depok,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here