Komitmen Lestarikan Budaya, Lebaran Depok Bakal jadi Event Tahunan

136
Wali Kota Depok saat menerima ucapan pengantin Depok

Bojongsari | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok akan mengagendakan gelaran Lebaran Depok menjadi ajang tahunan bagi masyarakat Kota Depok.

“Kegiatan ini memang harus dilakukan terus menerus, agar budaya Depok keangkat. Ini sudah yang ketiga kalinya, ketiga ini luar biasa karena pandemi sudah tidak ada, jadi kegiatan ini harus terus diangkat sampai dikenal warga Depok dan skala nasional kalau bisa internasional sekalian,” ujar Imam Budi Hartono, Wakil Wali Kota Depok, kemarin.

Jika hal itu terwujud, Imam yakin Lebaran Depok bukan sekedar mewariskan budaya melainkan menjadi pusat bisnis yang bisa dilakukan masyarakat.

“Dengan begitu UMKM di Depok akan maju dan bisa mendunia,” paparnya.

Dari itu, pihaknya tak segan untuk mensupport kegiatan tersebut dari APBD yang tahun ini mencapai Rp 200 juta lebih.

“Kami support dengan APBD dan ada juga partisipasi masyarakat. Tahun depan Insya Allah anggaran ditingkatkan lagi,” katanya.

Sekretaris daerah Pemerintah Kota Depok, H Supian Suri menambahkan, Lebaran Depok yang digelar selama tiga hari sebagai momentum untuk memperkenalkan kebudayaan Depok dari mulai kesenian, bahasa, budaya hingga kuliner.

“Termasuk bedah buku Milir yang erat kaitannya dengan budaya Depok. Ini merupakan budaya dari orang tua kita yang mewarisinya kepada anak cucu kita. Kebersamaan, keragaman, saling support dan saling guyub. Ini menjadi modal dalam berbangsa dan bernegara khususnya di lingkup Kota Depok,” tandasnya.

Senada dengan Imam, Supian juga akan menjadikan Lebaran Depok sebagai agenda tahunan yang juga disupport oleh DPRD.

“Tak hanya budaya Depok, tapi budaya-budaya yang ada di Indonesia dan masuk ke Depok, nanti bisa disajikan di Lebaran Depok,” jelasnya.

Hadirnya pelaku UMKM dalam kegiatan Lebaran Depok juga menjadi semangat Pemkot Depok untuk terus bisa mewadahi mereka.

“Kami berharap kegiatan ini terus berjalan baik di level kecamatan maupun level kota sehingga perputaran ekonomi UMKM untuk menjajakan produknya bisa maksimal,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here