Awas! PMK Mulai Masuk Depok, Ratusan Ekor Sapi Dalam Pengawasan

70
Petugas kesehatan hewan sangat mengecek hewan potong di RPH terkait PMK

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok menemukan hewan terindikasi kena penyakit mulut dan kaki (PMK).

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok menemukan 42 hewan ternak terindikasi mengalami gejala PMK. Pemilik ternak diminta memperhatikan kebersihan kandang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Depok, Widyawati Riyandani mengatakan, temuan tersebut berada di tiga kecamatan yaitu Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung; Kelurahan Cisalak, Sukmajaya dan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis.

“Selanjutnya terduga PMK berjumlah 42 ekor dan saat ini sedang dalam pengobatan dan menunggu hasil laboratorium,” ujar Widyawati dalam keterangannya, kemarin.

Widyati mengatakan saat ini ada tiga hewan ternak terindikasi PMK yang mati. Sedangkan 457 ekor hewan lainnya tengah dalam pengawasan DKP3.

“Status pengawasan tersebut merupakan jumlah ternak yang berada dalam lokasi yang sama dengan ternak terduga PMK,” paparnya.

Pemkot Depok mengingatkan pemilik ternak untuk memiliki lahan yang cukup sesuai dengan jumlah hewan untuk menekan penyebaran. Mereka diminta menyediakan fasilitas penampungan limbah.

“Tersedia fasilitas penampungan limbah. Limbah tidak boleh dikeluarkan dari tempat penjualan sebelum dilakukan disinfeksi atau pemusnahan,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, harus tersedia pula fasilitas dan bahan untuk tindakan pembersihan dan disinfeksi terhadap orang, kendaraan, peralatan, hewan, serta limbah. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here