Masih Penuh Tanda Tanya, Bulan Ini Sampah Depok Dibuang ke Nambo?

39
Beginilah kondisi TPA Cipayung saat ini yang memprihatinkan

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok terus berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat soal aktivasi Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, berdasarkan hasil komunikasi terakhir, jika tidak ada halangan pada Juni ini Pemkot Depok sudah bisa membuang sampah di TPPAS Lulut Nambo.

“Rencananya di bulan Juni ini kami akan mereduksi sampah yang dikelola di TPA Cipayung dan dialihkan ke TPPAS Lulut Nambo,” ujarnya, kemarin.

Sambil menunggu TPPAS Lulut Nambo beroperasi, Pemkot Depok saat ini tengah fokus meratakan tumpukan sampah yang sudah menggunung di TPA Cipayung.

“Kami sedang proses meratakan tumpukan sampah menggunakan alat berat, baik alat berat dari DPUPR, DLHK maupun alat berat bantuan dari provinsi,” jelasnya.

Pemkot Depok berharap operasional TPPAS Nambo bisa segera terealisasi dan tidak kembali mengalami kemunduran jadwal yang sudah ditetapkan.

“Semoga Juni ini (TPPAS Lulut Nambo) bisa segera beroperasi dan tidak mundur lagi,” harapnya.

Kepala Unit Pelaksana Unit TPA Cipayung, Ardan Kurniawan menyebutkan untuk kapasitas penampungan sampah bagi warga Kota Depok di TPA Cipayung sudah over load.

“Batas normal sampah kapasitas di TPA Cipayung 1,5 juta kubik, sekarang tercatat sudah hampir dua kali lipatnya mencapai 2,5 juta kubik. Jika dipaksa lagi untuk membuang sampah dikhawatirkan tidak dapat tertampung lagi,” katanya.

Di menambahkan ada musim penghujan TPA Cipayung juga pernah mengalami longsor, sehingg dampaknya beberapa waktu minggu lalu efeknya sampai terjadi antrean kendaraan truk sampah hingga berkilometer dan pelayanan terganggu.

“Sempat terganggu akibat longsor di akhir bulan Ramadan, namun kini sudah normal,” ucapnya.

Langkah yang diambil, lanjut Ardan, salah satu jalan yaitu memindahkan pembuangan sampah ke daerah Nambo Kabupaten Bogor.

“Upaya sangat realistis adalah pengalihan pembuangan ke TPA Nambo. Berhubung ada sesuatu hal yang memang kita tidak bisa secepatnya membuang ke Nambo namun sampai saat ini belum bisa beroperasi,” tambahnya.

Jalan keluar bagi warga Kota Depok untuk masih bisa membuang sampah di TPA Cipayung adalah dengan melakukan penataan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here