Manusia Petasan Bakal Melakukan Atraksi di Lebaran Depok

1050
Baba Makmur, manusia petasan yang akan tampil di Lebaran Depok

Bojongsari | jurnaldepok.id
Baba Mamkmur, pelaku seni petasan berencana akan melakuan atraksi di Lebaran Depok selama tiga hari (3-5) Juni 2022.

Makmur yang ditemui wartawan saat menyambut jamaah umroh di Kalimulya, Kecamatan Cilodong, kepada wartawan mengatakan, dirinya mendapatkan undangan dari Kasno untuk menyalakan petasan.

“Kami tampil disini untuk meyambut kedatangan istri Mas Kasno dengan petasan usai menjalankan ibadah umroh di tanah suci,” katanya.

Dia mengatakan aksi seni tampil dengan petasan sudah lama dilaksanakan, dan merupakan salah satu budaya Betawi. Budaya meledakkan petasan itu muncul sekira tahun 1940 atau 1950.

Kala itu, jarak rumah penduduk dengan tetangganya terpisah sangat jauh. Tak seperti saat ini, di mana posisi satu rumah dengan yang lainnya letaknya berdempetan

“Kalau ada warga yang ingin mengadakan hajatan seperti menikahkan anak, khitanan, naik haji, Maulid Nabi, hingga Isra Mi’raj, mereka biasanya mengundang warga kampung lain,” paparnya.

Untuk itulah warga Betawi menyalakan petasan rencengan panjang agar warga lainnya mendengar adanya hajatan.

Mereka tak perlu lagi mengundang warga lain karena satu per satu warga pasti berdatangan usai mendengar rentetan suara petasan.

“Sedangkan, warga Betawi membunyikan petasan pada saat Lebaran sebagai ungkapan kegembiraan, setelah melaksanakan rukun Islam keempat selama satu bulan penuh,” katanya.

Rencananya pada hajatan Lebaran Depok dirinya akan kembali melakukan atraksinya.

“Insya Allah kami akan tampil di Lebaran Depok, kemarin sudah ada panitia yang menghubungkan kami,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here