Alhamdulillah…Kampung KB Kasih Ibu RW 14 Bojongsari Masuk 5 Besar Tingkat Provinsi

51
Wakil Wali Kota Depok foto bersama usai acara penilaian Kampung KB

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kampung KB Kasih Ibu di lingkungan RW 14 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, kini masuk lima besar dalam lomba Apresiasi Kampung KB Terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono yang datang pada saat kegiatan rechecking mengaku optimistis Kampung KB Kasih Ibu dapat meraih juara pertama dalam lomba tersebut.

“Alhamdulillah saat ini sudah masuk lima besar, tim penilai datang untuk mengecek kesesuaian di lapangan. Pengecekan mulai dari wawancara, apakah sudah sesuai dengan apa yang dilaporkan, itu menjadi poin penilaian termasuk kehadiran kepala daerah menjadi poin penting juga dalam penilaiannya,” ujar Imam kepada Jurnal Depok, kemarin.

Imam mengatakan, pada tahun lalu Kota Depok berhasil menyabet juara I pada Lomba Apresiasi Kampung KB tingkat Jabar yang diwakili oleh Kampung KB Cempaka RW 09 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Depok sangat konsen pada pengembangan Kampung KB dan dibuktikan dengan beberapa hal, yaitu membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB tingkat kota yang ditetapkan melalui keputusan Wali Kota. Pokja ini terdiri dari lintas sektor yang merupakan pembina dari Kampung KB di wilayah terdiri dari unsur Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, dan stakeholder.

“Hingga saat ini ada 127 Kampung KB di Kota Depok, artinya setiap kelurahan membentuk dua Kampung KB,” ungkapnya.

Komitmen selanjutnya, kata IBH, Pemkot mendukung penuh keberadaan Kampung KB dengan menyediakan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Lalu, adanya produk hukum yang mendukung Kampung KB yaitu, Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga, Perda Kota Kayak Anak, Perda Kesehatan Bayi Baru Lahir, Bayi, dan Balita. Terakhir Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok.

IBH menjelaskan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok juga turut serta mendukung pencegahan Stunting di Kampung KB melalui Program D’Sunting Menara. Selain itu, tahun 2023 mendatang juga akan dibentuk Kampung Cerdas Ramah Keluarga, lalu Sekolah Ayah Bunda dan Sekolah Pra Nikah.

“Pengembangan Kampung KB ini kami juga mengikutsertakan Pentahelix. Mudah-mudahan kami berharap Kampung KB Kasih Ibu dapat meraih juara satu dalam lomba apresiasi tingkat Jabar tahun ini,” ungkapnya.

Kepala Balai Diklat BKKBN Bogor, Handayani yang menjadi ketua tim juri mengatakan, lomba Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Terbaik dilakukan dalam hal pengelolaan Kampung KB.

Dikatakannya, kegiatan rechecking Kampung KB dilaksanakan di enam kategori terbaik tingkat kabupaten dan lima kategori terbaik tingkat kota.

“Tim penilai dari BKKBN Provinsi Jawa Barat langsung meninjau lokasi Kampung KB. Rechecking bertujuan untuk melihat secara langsung aktivitas Kampung KB dan menggali informasi untuk melihat kesesuaian antara informasi yang dituangkan dalam profil, hasil wawancara dan penilaian lapangan,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here