Milad ke 20, PKS Bulat Usung Habib Salim & Anies Baswedan di Pilpres 2024?

238
Habib Salim Segaf Al Jufri saat menyambut kedatangan Anies Baswedan

Margonda | jurnaldepok.id
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok, Imam Budi Hartono mengungkapkan, partainya telah sepakat untuk mengusung Ketua Majelis Syuro, Habib Salim Segaf Al Jufri untuk maju di Pemilihn presiden 2024 mendatang.

“Untuk Pilpres kami sudah sepakat mengajukan Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Salim Segaf Al Jufri. Kami juga menargetkan perolehan kursi di parlemen sebanyak 15 persen,” ujar Imam kepada Jurnal Depok, Minggu (29/05).

Pernyataan Imam itu diungkapkan di sela-sela acara Milad PKS ke 20 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Imam yang juga menjabat Wakil Wali Kota Depok mengucapkan selamat milad PKS ke 20.

“Semoga PKS tetap konsisten melayani rakyat, melayani Indonesia bersama-sama kita bangun Indonesia dalam kebhinekaan, untuk bersatu dan berkolaborasi menuju Indonesia yang maju dan barokah,” paparnya.

Imam juga mengajak kepada semua warga Indonesia untuk bergabung bersama PKS. Dikatakannya, PKS juga mengajak kepada para pemuda dan anak-anak milenial untuk membesarkan dan mengharumkan nama Indonesia bersama PKS.

“PKS teruslah melayani rakyat, teruslah membantu rakyat yang sedang membutuhkan uluran tangan kita, kita harumkan bangsa dan negara dengan terus bekerja, beribadah yang akan membahagiakan dunia dan akhirat,” ajaknya.

Terakhir Imam mempersembahkan sebuah pantun yang menandakan PKS siap berkoalisi dengan parpol mana pun.

“Bukan gulai sembarang gulai, Makannya pakai es pakai buah selasi, Bukan partai sembarang partai, Partai PKS siap berkolaborasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Salim Segaf Al Jufri dinilai pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi berpotensi besar untuk menjadi calon wakil presiden yang berpasangan dengan Anies Baswedan.

Menurutnya, mantan Menteri Sosial RI ini punya banyak pengalaman dan tidak kalah dibandingkan dengan Wakil Presiden Indonesia saat ini Ma’ruf Amin.

“(Dr Salim,red) bisa mengisi kekosongan di kelompok agama, menghilangkan benturan yang agak keras antara Pancasila dengan Islam, demokrasi dengan Islam, dan nasionalis dengan Islam sehingga tidak terlalu mengental dan lebih cair. Kekosongan (figur) kelompok religius bisa diambil dari kalangan santri dan ulama,” ujarnya, kemarin.

Selama ini, sambungnya, PKS hanya mengusung kader eksternal dan bukan kader internal. Sementara partai-partai lain saat ini mengajukan kader-kader mereka sendiri karena sudah tidak ada petahana di 2024.

“Tantangannya adalah bagaimana menjadi orang yang populis. Memosisikan diri sebagai seorang negarawan, yang bisa mengakomodir semua kelompok masyarakat dan melindungi minoritas dan juga mayoritas. Modal pertama adalah elektabilitas. Kalau tren beliau bagus, maka akan punya daya tarik tersendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, jika Habib Salim dipasangkan dengan Anies Baswedan sebagai capres-cawapres 2024, maka kombinasi sipil-ulama akan sangat dominan dan ideal. Kombinasi seperti ini masih relevan dengan pemilu sebelumnya di mana Ma’ruf Amin lebih dipilih dibandingkan Mahfud MD.

“Anies-Salim adalah pasangan sipil dan ulama dan ini bagus. Jika Anies direpresentasikan sebagai kelompok nasionalis, maka koalisinya adalah nasionalis-religius,” jelasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here