UPN Veteran Jakarta Sulap Sampah Plastik jadi Lembaran Papan, Begini Caranya

131
Jajaran Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta bekerjasama dengan Kantor Kelurahan Limo, mensosialisasikan pengolahan sampah plastik

Limo | jurnaldepok.id
Jajaran Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta bekerjasama dengan Kantor Kelurahan Limo, Rabu (25/5) menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan sampah plastik untuk dibuat papan lembaran yang dapat dioptimalkan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis perabotan rumah tangga.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jakarta, Anter Venus mengatakan sosialisasi pemanfaatan sampah non organik berupa plastik bekas merupakan salah satu realisasi program pemberdayaan kepada masyarakat sekitar kampus dan di harapkan, pemanfaatan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi juga akan berdampak positif bagi penanggulangan sampah rumah tangga sekaligus menjadi peluang bagi upaya meningkatkan penghasilan keluarga.

“Kami berterimakasih kepada jajaran Kantor Kelurahan Limo yang telah memfasilitasi kami melaksanakan sosialisasi pemanfaatan sampah plastik untuk diolah menjadi papan lembaran yang dapat digunakan untuk membuat berbagai perabotan rumah tangga seperti meja, kitchen set, lemari dan berbagai jenis perabotan rumah lainnya, ” ujar Venus kepada Jurnal Depok usai menghadiri kegiatan sosialisasi di aula Kantor Kelurahan Limo.

Dikatakan Venus, pembuatan papan lembaran dari bahan plastik bekas dapat dilakukan melalui proses penghancuran plastik dengan menggunakan mesin, lalu setelah itu lanjut dia biji plastik dicetak dengan alat cetak khusus dengan ketebalan papan sekitar 10 milimeter atau setara dengan ukuran ketebalan papan kayu yang biasa ditemukan di sejumlah toko bangunan.

“Intinya kami siap memfasilitasi masyarakat untuk menekuni kegiatan pengolahan sampah plastik menjadi barang berguna dan bernilai ekonomi, ini merupakan salah satu realisasi tranpormasi teknologi yang kami implementasikan dalam program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) UPN Veteran Jakarta khususnya unit kampus Limo kepada warga Limo sekitar kamopus” imbuhnya.

Sosialisasi pemberdayaan masyarakat sekitar kampus yang dilaksanakan oleh jajaran kampus UPN Veteran Jakarta disambut baik oleh Lurah Limo, Kecamatan Limo, AA. Abdul Khoir.

“Alhamdulillah kami sangat apresied terhadap program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh jajaran kampus UPN Veteran, kami berharap kolaborasi antara masyarakat dengan jajaran kampus akan menuai manfaat untuk kedua belah pihak,” tutur AA. Abdul Khoir.

Diakui AA, belakangan ini pihak kampus UPN Veteran Jakarta cukup banyak melaksanakan kerjasama dengan warga sekitar sebagai realisasi program Corporate Social Responshibility (CSR) pihak UPN kepada bagi warga sekitar kampus dan umumnya untuk masyarakat Kelurahan Limo.

“Kami berharap kolaborasi antara pihak kampus UPN Veteran Jakarta dengan warga dapat terus ditingkatkan dan dapat menuai manfaat bagi kedua belah pihak,” pungkasnya. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here