Tingkatkan Pelayanan, PT Tirta Asasta Gandeng Telkom Luncurkan Smart Water Meter

66
Direksi PT Tirta Asasta Depok foto bersama dengan perwakilan PT Telkom usai melakukan MoU

Laporan: Rahmat Tarmuji
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan, PT Tirta Asasta (Perseroda) dan PT Telkom Indonesia (Persero) melalukan penandatangan kerjasama.

Kerjasama tersebut merupakan langkah awal untuk kegiatan Piloting Project IoT Smart Water Meter (SWM).

Direktur PT Tirta Asasta Depok, M Olik Abdul Holik mengatakan, dalam kerjasama ini disetujui untuk dilakukan Piloting Smart Water Meter kepada 1.000 pelanggan, untuk masa piloting selama 3 (tiga) bulan dengan skema bisnis One Time Charge (OTC) untuk pengadaaan device retrofit dan reccuring bulanan untuk akses connectivity LoRA WAN.

“SWM ini tak lain agar pelanggan dapat mengupdate pemakaian air setiap hari atau secara real time. Dengan begitu, pembacaan meter akan dilakukan secara otomatis dan tidak lagi melibatkan petugas di lapangan,” ujarnya, kemarin.

SWM, sambungnya, juga untuk meminimalisir human eror dalam pembacaan meter air di lapangan.

“Ini project awal, baru 1.000 yang pakai smart meter bekerjasama dengan Telkom, mereka sediakan alat dan jaringannya. Kedepan jika berhasil kami tambah lagi, tidak menutup kemungkinan nantinya semua bisa menggunakan smart meter,” jelasnya.

Untuk memudahkan pelanggan, kedepan pihaknya juga akan menyediakan aplikasi agar pelanggan dan PDAM bisa saling memonitoring penggunaan air.

“Selain dapat mengetahui penggunaan air, aplikasi itu juga nantinya dapat mengetahui tagihan pemakaian air per bulannya. Kami juga dapat memantau apakah air sampai atau tidak,” ungkapnya.

Olik berharap, Piloting Project IoT SMW dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan pelanggan dan efisiensi khususnya dalam pengelolaan bisnis di PT Tirta Asasta Depok. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here