Bandel! Sudah Dilarang, Sampah Masih Saja Dibuang di Pinggir Situ Rawa Besar

141
Terlihat tumpukan sampah masih eksis di pinggir Situ Rawa Besar

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di garis sepadan Situ Rawa Besar dilarang oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kota Depok.

Berdasarkan informasi di lapangan menyebutkan, lahan yang digunakan TPS tersebut merupakan lahan milik Pemkot Depok. Namun lahan itu dibangun TPS yang diduga belum ada izin dari dinas terkait.

Lurah Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Herman menegaskan, bangunan TPS itu dilarang keberadannya di situ Rawa Besar.

“Bangunan tersebut dilarang karena beberapa pertimbangan salah satunya berada di garis sempadan Situ Rawa Besar. Surat teguran dari Dinas Lingkungan Hidup kami sudah berikan kepada pengurus RT dan RW,” ujarnya.

Sementara itu, petugas kebersihan wilayah Kecamatan Pancoran Mas, Ardi menegaskan petugasnya memang tidak mau mengangkut sampah di lokasi TPS tersebut karena ilegal.

“Kami bukan tidak mau mengangkut sampah di lokasi tersebut, karena TPS itu ilegal. Warga di RW 13 sudah disiapkan TPS di Jalan Baru RW 19 yang resmi. Jika dipaksanakan maka bisa merusak Situ Rawa Besar karena dilintasi truk pengangkut sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, DLHK Kota Depok meminta lurah setempat membongkar pembangunan TPS di Situ Rawa Besar. Ada tiga pertimbangan dalam surat yang diteken per 8 April 2022 tersebut.

“Pertama, bangunan TPS berada pada garis sepadan setu, kedua bangunan TPS merusak sarana taman dan lingkungan situ yang sudah tertata baik. Ketiga, akses menuju TPS sempit sehingga menyulitkan armada untuk mengangkut sampah pada TPS,” jelas Kepala DLHK Kota Depok, Hj Ety Suryahati.

Ketua RW 13 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Suryadi menambahkan dengan adanya TPS di lokasi Situ Rawa Besar akan berdampak pada keindahan situ.

“Saya ngeri limbah sampah ke situ akan ada dampak besar terhadap air warga,” katanya.

Dirinya juga bingung ada pihak-pihak yang masih nekat membuat TPS di pinggir Situ Rawa Besar padahal sudah surat larangan dari Pemkot Depok.

“Iya nih makin parah aja, sampahnya, kami sebelumnya menganjurkan agar sampah dibuang di TPS Jalan Baru,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here